Oatmeal adalah salah satu biji-bijian paling bergizi dan serbaguna di pasaran.

Dikemas dengan serat, vitamin esensial, dan mineral, oatmeal adalah salah satu makanan terpenting di dapur rumah tangga di seluruh dunia (1).

Apakah Anda ingin menggunakannya sebagai sereal sarapan yang lezat, sebagai bahan dasar bubur asin, menenangkan, atau untuk menambah tekstur dan serat pada roti panggang Anda, tidak dapat disangkal bahwa menyimpan oatmeal adalah ide yang bagus.

Namun, jika Anda sudah lama tidak menggunakan oatmeal di luar aksesori lemari, Anda mungkin ingin memikirkan kapan harus membuangnya.

Artikel ini mengulas umur oatmeal dan bagaimana mengetahui kapan Anda siap untuk meningkatkan tabungan Anda.

Natasa Mandic / Stocksy United

Umur simpan oatmeal

Umur oatmeal cukup lama dibandingkan dengan banyak makanan lainnya.

Namun, umur simpan yang tepat dapat berubah secara dramatis tergantung pada bagaimana proses tersebut diproses, dimasak, ditambah bahan yang mudah rusak, dan bagaimana penyimpanannya.

Seperti nasi atau pasta kering, yang diproses secara komersial dan gandum mentah, dipotong dengan cepat atau diproses biasanya akan bertahan setidaknya 12 bulan – dan hingga 2 tahun – jika paket dibiarkan tidak dibuka atau jika gandum disimpan dalam wadah kedap udara (2).

Oat yang diproses secara komersial umumnya dikukus, yang berkontribusi pada umur simpan yang lama (1).

Oat tidak stabil adalah gandum yang belum dikukus selama pemrosesan, sehingga umur simpannya berkurang sekitar 3-4 bulan.

Oatmeal yang mengandung jenis bahan lain, seperti susu atau buah kering, dapat bertahan dari 4 bulan hingga 1 tahun, tergantung jenis dan penyimpanan zat aditifnya (3).

Jika Anda tidak yakin, periksa tanggal “waktu terbaik” atau “sebelum digunakan” pada label paket.

Seperti sup dan semur, oatmeal yang dimasak atau disiapkan tidak boleh ditambahkan lebih atau kurang. Simpan selama lebih dari 3-4 hari sebelum dibuang. Tapi, jika dibekukan, bisa disimpan dengan aman hingga 3 bulan (2, 4).

Bagaimana cara mengetahui apakah oatmeal rusak?

Dengan penyimpanan yang tepat, oatmeal mentah tidak dianggap sebagai makanan yang berpotensi berbahaya. Ini berarti tidak mungkin membusuk dengan cara yang akan membuat Anda merasa tidak sehat jika Anda memakannya setelah yang terbaik.

Meski begitu, kualitas gandum memburuk seiring waktu dan bisa menjadi usang, berubah warna, atau terasa tidak enak.

Jika gandum kering terkena kelembapan selama penyimpanan, ini lebih rentan terhadap pertumbuhan jamur. Jika ada jenis jamur pada gandum Anda – baik yang dimasak atau dikeringkan – jangan memakannya.

Jika Anda tidak yakin apakah gandum Anda masih bagus, periksa dulu warna, tekstur dan aromanya. Jika Anda melihat bintik-bintik hitam, bau aneh, atau gumpalan, yang terbaik adalah membuangnya atau menambahkannya ke tempat sampah kompos.

RINGKASAN
Periksa jamur atau perubahan rasa, warna, atau tekstur oatmeal untuk menilai apakah aman untuk dimakan.

didukung oleh Rubicon Project

Tip penyimpanan

Cara untuk memaksimalkan umur simpan oatmeal adalah cara penyimpanannya.

Jika ada gandum mentah, harus dijaga sekering mungkin. Meminimalkan paparan cahaya dan oksigen juga dapat membantu.

Simpan di tempat yang sejuk dan kering, seperti dapur atau lemari. Setelah membuka kemasan aslinya, bawa ke wadah kedap air dan kedap udara seperti wadah kaca, stainless steel atau keramik untuk menambah kesegaran.

Saat menyimpan oatmeal yang sudah matang, pilih wadah yang tertutup rapat dan simpan di lemari es hingga siap untuk disantap. Jika Anda membekukannya, pastikan untuk menyimpannya dalam wadah kedap udara agar freezer tidak gosong.

RINGKASAN
Untuk memaksimalkan umur simpan oatmeal, simpan di tempat yang sejuk dan kering, sedikit terkena kelembaban, udara dan cahaya.

Intinya
Oatmeal adalah bahan dapur bergizi di setiap rumah tangga di dunia.

Saat kering, oatmeal yang diproses secara komersial bisa memakan waktu hingga 1-2 tahun. Namun, umur simpan yang tepat tergantung pada metode pemrosesan, metode penyimpanan, pemasakan, dan penambahan bahan yang mudah rusak.

Jika Anda melihat jamur atau perubahan warna atau aroma oatmeal, lebih baik dihilangkan.

Anda dapat memaksimalkan umur semua oatmeal dengan menjauhkannya dari kelembapan dan oksigen. Oatmeal yang sudah dimasak harus selalu disimpan di lemari es atau freezer sampai siap untuk dimakan.

Baca juga: