Ingin membuat video profesional hebat yang menarik perhatian penonton Anda? Lebih mudah dari yang Anda pikirkan.

Memperoleh tampilan profesional lebih tentang teknik Anda daripada alat Anda, jadi Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk peralatan mahal – mungkin buat video yang bagus sekarang, cukup periksa beberapa detail penting.

Cara Pemasaran Video: 12 Tips Mudah Untuk Membuat Video Anda Terlihat Lebih Profesional

Berlanggananlah seri Cara Pemasaran Video untuk mendapatkan tip dan trik tentang cara membuat video yang lebih baik langkah demi langkah.

Gunakan Banyak Lampu

Cahaya membuat perbedaan besar dalam kualitas video bokeh HD yang telah menjadi profesional, menjadikannya prioritas utama saat membuat film. Jika Anda tidak menggunakan pencahayaan yang ditempatkan dengan benar, video Anda mungkin terlihat amatir, meskipun sangat bagus.

Matahari adalah salah satu sumber cahaya terbaik untuk video. Jika Anda membuat film dengan cahaya alami, cobalah merekam video di pagi atau sore hari, jika kecerahannya lebih lembut. Cahaya siang hari yang datang dari atas dapat memberikan pantulan yang tajam ke subjek Anda, dan pada pagi dan malam hari lebih baik. Jika Anda perlu mengambil foto pada siang hari, cobalah siang hari, atau cari area teduh untuk penerangan yang lebih baik.

Lakukan yang terbaik untuk merekam video di pagi atau sore hari, jika kecerahannya lebih lembut.

Saat membuat film di dalam ruangan, Anda harus lebih berhati-hati dengan jenis lampu yang digunakan dan tempat penggunaannya. Satu hal yang harus dihindari adalah pencahayaan di atas kepala – ini dapat memberikan kesan yang tidak menyenangkan pada wajah subjek Anda. Jendela adalah sumber cahaya alami yang bagus. Anda juga dapat menggunakan satu atau dua bola lampu besar untuk menghasilkan jenis cahaya yang diinginkan.

Sebelum menyiapkan sumber cahaya Anda, pikirkan tentang efek yang ingin Anda buat pada video yang sudah jadi. Apakah Anda ingin wajah subjek menjadi cerah (cahaya “lembut” atau “datar”), atau Anda ingin bayangan (cahaya “keras”)?

Menggunakan banyak bayangan itu dramatis, dan dapat mengganggu video profesional yang pengaruhnya bukan drama. Menggunakan sedikit atau tanpa bayangan akan menciptakan suasana yang lebih terbuka dan langsung, yang biasanya lebih baik untuk video bisnis dan pemasaran.

Jika Anda ingin menggunakan cahaya datar dalam video Anda, seimbangkan kedua sumber cahaya di kedua sisi kamera. Anda bisa meletakkannya di belakang kamera atau di depannya. Berikut adalah satu contoh dari Wistia tentang bagaimana Anda dapat mencapai penyiapan ini.

Pengaturan Wistia untuk video profesional

Penyiapan pembuatan film Wistia. Kedua sumber cahaya tersebut diposisikan secara simetris untuk menciptakan efek bayangan tanpa bayangan. Sumber: Wistia

Jika Anda ingin subjek Anda memiliki refleksi dan kedalaman lebih, Anda dapat mencoba menggunakan “segitiga cahaya” untuk menangkapnya.

Segitiga ringan untuk video profesional

Menggunakan satu sumber cahaya menciptakan lebih banyak refleksi dalam video Anda. Sumber

Gunakan Background Bokeh.

Pertimbangkan latar belakang yang digunakan untuk pembuatan film. Tidak ada yang terlihat kurang profesional dari latar belakang yang buruk atau mengganggu. Sebiknya coba gunakan background blur dengan video bokeh effect.

Salah satu cara termudah untuk menemukan tampilan profesional untuk video Anda adalah dengan menggunakan latar belakang warna solid. Dinding besar, seprai, atau wallpaper adalah pilihan yang bagus. Pastikan subjek Anda berdiri beberapa meter dari latar belakang sehingga tidak ada bayangan.

Sebaiknya rekam video dalam lingkungan “profesional”: tempat Anda benar-benar bekerja atau menghabiskan waktu. Misalnya, Amy Landino, membuat video profesional di kantor pusat. Pastikan untuk menonton video ini untuk beberapa contoh hebat pembuatan film dan beberapa tip tentang cara mengelola kantor pusat Anda.

Berhati-hatilah untuk tidak membuat film dengan jendela atau permukaan reflektif lainnya sebagai latar belakang foto Anda. Anda mungkin tidak sengaja memegang kamera dalam bayangan. Selain itu, memiliki sumber cahaya seperti jendela di belakang subjek dapat membuat subjek terlihat gelap dan teduh.

Baca juga: