Ternyata Personil Band Van Halen orang Indonesia

Edward Lodewijk “Eddie” Van Halen dan Alex Van Halen merupakan pentolan dari band rock terkenal Van Halen. Duo personil dari Van Halen ini ternyata masih keturunan Indonesia dari sang ibu, Eugenia van Beers yang berasal dari Rangkasbitung yang menikah dengan Jan Van Halen.

Jan lahir di Belanda pada tahun 1920 dan sebelum ia mencapai usia delapan belas tahunsudah mahir bermain klarinet dan saksofon. Bahkan Jan telah bermain di band jazz dan orkestra di Eropa sebelum PD2 meletus.

Jan terdaftar di Angkatan Udara Belanda di tahun 1939. Ketika Jerman menginvasi Belanda pada Mei 1940, mereka menaklukkan negara kecil hanya lima hari. Semua tentara Belanda dikerahkan untuk memperjuangkan Jerman atau mereka ditembak di tempat. Sebagai seorang prajurit tawanan, kemampuan Jan membawanya untuk bertugas menghibur tentara dan bermain musik propaganda daripada berjuang di parit.

Siksaan dari perang dengan Jerman menyebabkan Jan untuk melakukan perjalanan ke Indonesia, yang telah berada di bawah pemerintahan kolonial Belanda. Di Indonesia dia memulai untuk berkarir dalam musik karena lebih berpotensi dan lebih menguntungkan. Jan melamar Eugenia van Beers dan keduanya menikah lalu pindah ke Belanda pada tahun 1949. Jan terus bekerja keras sebagai musisi profesional ketika ia menjadi seorang ayah: anak-anaknya Alex dan Edward lahir pada tahun 1953 dan 1955.

Perjalanan menuju Amerika

Berakhirnya kekuasaan Belanda di Indonesia membuat keluarga Jan Van Halen dan Eugenia menjadi tidak nyaman sehingga mereka memutuskan untuk tinggal di Pasadena, Amerika Serikat. Kemudian disanalah, anak-anak dari Jan Van Halen yaitu Eddie dan Alex van Halen memulai karier mereka di dunia musik. Pada 1972 mereka membentuk band dengan formasi Eddie van Halen (gitaris), David Lee Roth (vokalis), Alex van Halen (drummer), dan Michael Anthony (bassis).

Pada tahun 2011, majalah Rolling Stone memasukkan Eddie van Halen ke peringkat nomor delapan dalam daftar 100 Greatest guitarist. Dan pada tahun 2012, Eddie terpilih dalam polling pembaca majalah Guitar World sebagai nomor satu dalam “The 100 Gitaris Terbesar Sepanjang Masa” melebihi Brian May dari Queen (nomor dua) dan Alex Lifeson dari Rush (nomor tiga).

SUmber: https://cipaganti.co.id/