Senam cabor di Indonesia memiliki sejarah dan tradisi yang panjang dalam perkembangannya. Berawal dari pengembang yang didukung militer pada penduduk Belanda dan Jepang, senam juga identik dengan olahraga militer di awal kemerdekaan dengan dominasi pelatih yang juga berasal dari latar belakang kemiliteran. Di sekolah dan perguruan tinggi, senam mungkin satu-satunya STO-STO dan SMOA yang ada di Indonesia.

Sedangkan di kalangan masyarakat sendiri, senam pada saat itu belum memiliki fasilitas mengingat kebutuhan akan penyediaan peralatan yang cukup mahal. Untuk meningkatkan perkembangan senam, tulisan ini mengungkap sejarah senam pendek, dan penjelasan lain tentang senam.

Selain itu, perlu untuk memeriksa beberapa arti dan istilah yang digunakan dalam senam, karena banyak pemahaman telah berkembang selama bertahun-tahun. Dan terakhir juga harus dijelaskan beberapa ciri fisik yang dibutuhkan dalam senam, serta pengejaran komponen fisik dengan latihan dan praktik pembelajaran. Misalnya tulisan ini akan dibagi menjadi beberapa penjelasan.

Diantaranya: membahas Sejarah Masuknya Senam ke Indonesia dan tahapan perkembangannya, membahas senam dan mengikuti senam menurut pengertian dan jenisnya, membahas kebutuhan fisik yang perlu dikembangkan dan dikembangkan melalui keikutsertaan dalam senam, menggunakan pembahasan makna dan metode pengembangan.

Sekarang olahraga itu perlu untuk semua orang. Masalah termasuk dalam pendidikan wajib di sekolah. Tidak hanya latihan yang sehat tetapi kewaspadaan dan dedikasinya juga paling dibutuhkan. Setiap hari kami menemukan berbagai jenis olahraga. Salah satunya adalah senam. Olah raga merupakan olah raga yang dapat bermanfaat bagi tubuh. Sebab, selama berolahraga kita menggerakkan seluruh tubuh kita. Mulia kepala, tangan, tubuh, kaki, otot, dll.

Senam juga telah dikenal dalam dunia olahraga dan juga pernah diikutsertakan dalam event-event besar seperti SAE GAMES, ASIAN GAMES, bahkan OLYMPICS. Sehingga tidak jarang balita telah belajar dari awal belajar senam agar menjadi pesenam yang handal. Namun senam tidak hanya bisa digunakan untuk balapan tapi juga untuk aktivitas sehat. Karena waktu kita latihan otot kita terpaksa berjalan. (Sumber: blog.malavida.co.id)

Asal Usul Senam Ritmik

Senam sudah dikenal di Indonesia sejak tahun 1912, yang pertama kali masuk ke Indonesia pada masa penjajahan Belanda. Pencantuman senam mirip dengan menetapkan pendidikan jasmani sebagai mata pelajaran wajib di sekolah.

Yang pertama kali memperkenalkan (senam) adalah senam sistem Jerman. Dan itu menekankan langkah-langkah gerakan kaya sebagai alat pendidikan. Kemudian pada tahun 1916, sistem tersebut diganti dengan sistem Swedia (yang menekankan pada pergerakan). Sistem ini diperkenalkan oleh petugas kesehatan dari Angkatan Laut Pemerintah Belanda bernama Dr. F. Minkema.

Ketika Jepang masuk ke Indonesia pada tahun 1942, aktivitas senam Barat akhirnya berakhir di Indonesia. Jepang melarang semua jenis senam di sekolah dan komunitas dan mengubahnya menjadi “Taiso”. Taiso adalah jenis senam pagi (bentuk kalestenik) yang harus dilakukan di sekolah sebelum belajar.