Kesehatan mulut yang baik juga membantu menjaga kesehatan secara keseluruhan. Oleh karena itu, pendidikan kesehatan gigi dan mulut kepada anak sejak dini tetap penting. Ayo masuk, lihat dan nikmati diri Anda! – Berikut beberapa tip untuk membantu Anda memulai:

Bagaimana mengajarkan kesehatan gigi dan mulut kepada anak-anak

Manfaat kebersihan mulut yang baik bukan hanya tentang senyuman yang baik. Gigi dan mulut yang sehat, dapat dimanfaatkan untuk makan sehat dan menjaga kemampuannya. Di sisi lain, kebersihan mulut tidak menimbulkan masalah, mulai dari bau mulut hingga sakit gigi dan sakit mulut.

Bacalah buku tentang kesehatan mulut
Untuk kepentingan anak dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut setiap hari, orang tua bisa membaca buku yang berisi tentang kesehatan gigi.

Pilih buku atau baca topik yang mungkin Anda minati. Contohnya, membaca setiap monster dan karakter spesial yang masih muda bisa mengalahkan mereka. Bacaan singkat dari U.S. Dental Association (ADA) meneliti pentingnya menjaga kebersihan gigi dan mulut.

Salah satu hal yang penting adalah menemukan anak-anak yang mampu mengalahkan “monster” yang mengancam kesehatannya, seperti plak, dengan cara menggosok gigi setiap 2 menit selama 2 hari.

Buat kalender kesehatan gigi dan mulut untuk anak
Kalender kesehatan gigi membantu orang tua memantau kebersihan mulut anak mereka. Kalender ini dapat menyediakan kolom yang dapat diperiksa, seperti kolom sikat gigi pagi dan malam.

Setelah menggosok gigi dengan anak, mintalah anak memeriksa kolom sikat gigi di pagi hari. Di malam hari, lakukan hal yang sama. Tujuan dari metode ini adalah membantu menggunakan kebiasaan untuk menjaga kebersihan mulut sejak dini.

Agar minat anak untuk menjaga kebersihan mulut tidak luntur, Anda bisa menyemangatinya dengan memberinya hadiah saat anak bisa mengecek semua kolom selama sebulan penuh.

Pilih warna sikat gigi dan siput Anda
Salah satu cara untuk membersihkan mulut adalah dengan menyikat gigi. Jadi, anak baru memulai rutinitas kesehatan gigi dan mulut, memilih anak untuk memilih warna sikat gigi favoritnya atau gigi anak dengan melengkapi perhatian.

Satu hal yang harus diperhatikan orang tua adalah sikat gigi yang sesuai untuk anak. Lalu, pasta gigi yang bisa digunakan juga tidak berbeda.

Kegiatan yang menyenangkan untuk mengajari Anda menyikat gigi
Orang tua bisa mengajari anak cara menggunakan kompilasi gigi sendiri jauh lebih gratis, sedangkan anak bisa menggunakan pasta gigi dari mulut.

Untuk mengajari anak-anak tentang menyikat gigi, Anda bisa memakai gigi anak kecil. Saat menggosok gigi, memainkan lagu favorit anak bukanlah penyelesaian yang cepat. Pilih lagu yang paling disukai anak Anda minimal selama 2 menit, agar anak mau menyikat giginya selama 2 menit.

Ajari mereka untuk menggunakan mulut dan hal-hal lain untuk menjaga kebersihan mulut

Menjaga kesehatan gigi dan mulut pada anak bukan hanya soal menggosok gigi. Kembangkan kebiasaan yang berguna setelah anak mampu menyikat gigi.

Ada dua kebiasaan baik untuk kesehatan mulut, yaitu mulut dengan mulut dan gigi. Obat kumur membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut serta dapat digunakan untuk menata ulang anak berusia 6 tahun, dilarang oleh dokter gigi, dan bila anak sudah dapat menyimpan cairan di dalam mulutnya sehingga tidak dapat menelan. Obat kumur yang mengandung minyak esensial (timus, kayu putih, mentol, garam metil) dapat membantu menjaga kesehatan mulut anak.

Penelitian berjudul The Effectiveness of oral antiseptic dibandingkan dengan pasta gigi dalam mengendalikan interpretive gingivitis, rutin menyikat dan flossing menggunakan mulut dengan kandungan minyak esensial menggunakan informasi penggunaan plak dan inflamasi gusi.

Manfaat berkumur dengan mulut adalah menjaga kesegaran napas, karena kandungan minyak esensial yang tersedia dapat menghilangkan bau tidak sedap.