Pemilihan jenis usaha

Pemilihan jenis usaha yang tepat, akan sangat menentukan tingkat keberhasilan usaha itu dikemudian hari. sebaiknya pilihjenis usaha yang kita kuasai dan kita sukai, tetapi jika tidak bisa keduanya, maka pilihlah yang sekiranya dikuasai atau disukai.

  1. Nama dan Lokasi Perusahaan

Sebelum memulai usaha, tentu harus memberikan nama untuk usaha yang akan dikembangkan. Jika ingin bentuk usaha berbadan hukum bisa dalam bentuk CV, FIRMA, Koperasi atau PT.

Lokasi usaha sebaiknya ditentukan didaerah yang dekat dengan sumber bahan baku, tidak jauh dari lokasi rumah para pengelolah, dan tidak terlalu jauh juga dari jangkauan pasar yang akan dituju.

  1. Perizinan Usaha

Perizinan adalah hal yang wajib dimiliki,jika akan melakukan wirausaha. Ijin usaha yang disiapkan, antara lain NPWP ( Nomor Paokok Wajib Pajak) dari kantor pajak, akta notaris dari nomor notaris, SIUP/TDP dari Dinas Perindustrian Kota/ kabupaten dan ijin MD dari Badan Pengawas Obat dan Makanan, serta pendaftaran merek pada Depatemen Kehakiman.

  1. Sumber Daya Manusia

Sumber Daya Manusia adalah termasuk bagian hal penting yang harus sangat diperhatikan. Karena salah satu faktor keberhasilan suatu usaha.

  1. Aspek Produksi

Aspek yang diperlukan yaitu meliputi peralatan yang diperlukan, bahan baku, bahan kemasan, bahan tambahan makanan dan teknologi proses pengolahannya.

  1. Aspek Keuangan

Perhitungan biaya produksi meliputi biaya investasi, biaya tetap dan tidak tetap.

  1.  Penentuan Media Promosi Makanan Fungsional

Kegiatan promosi produk makanan fungsional bertujuan untuk memperkenalkan fungsi dan keungggulan dari produk tersebut. Produk makanan fungsional di promosikan sesuai dengan target pasar. Produk makanan fungsional yang mempunyai target pasar untuk para ibu dapat dipresentasikan dalam kegiatan yang dihadiri oleh para ibu. Selain Presentasi, produk juga dapat di promosikan melalui pameran, poster, brosur, media sosial, iklan media cetak atau elektronik, dan lainnya.

  1. Pemasaran Produk Sistem Konsiyasi Untuk Makanan Fungsional Khas Daerah

Strategi pemasaran yang akan dijalankan dalam usaha produk makanan fungsional nantinya adalah dengan mempertimbangkan beberapa aspek penting diantaranya :

  1. Area Pemasaran
  2. Segmen Pemasaran
  3. Metode Pemasaran

          Sistem konsinyasi adalah sistem kerja sama pemasarannya, dimana pemilik barang (produsen) menitipkan produknya pada pemilik warung/toko/outlet (pemasar), dengan tidak langsung dibayar, tetapi akan dibayar pada periode waktu tertentu sesuai produk yang laku terjual.

Recent Posts