PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN TEKNOLOGI

Ilmu Pengetahuan Alam diperkirakan muncul pada abad pertengahan (1500 -1600 M). kemudian muncul banyak orang yang ahli dibidang ilmu pengetahuan . Ilmu epngetahuan makin hari makin berkembang , semakin meluas dan mendalam.
Ilmu pengetahuan Alam (IPA) adalah ilmu yang membahas tentang membahas tentang alam semesta dan segala isinya. Sedangkan, teknologi IPA adalah suatu penerapan IPA untuk memenuhi kebutuhan manusia. Teknologi ini dapat dibagi menjadi beberapa macam, sebagai berikut:

1. Teknologi maju,

yakni teknologi tingkat pertama suatu usaha yang mengarah pada bidang pendidikan,latihan serta pembinaan para tenaga peneliti ilmiah untuk selalu mengikuti dan menguasai perkembangan teknologi yang vital serta dibutuhkan oleh suatu Negara.

2. Teknologi adaptif (teknologi madya),
adalah perkembangan dari suatu teknologi pada suatu Negara maju yang penggunaanya masih harus disesuakan dengan kondisi lingkungannegara yang memerlukan.

3. Teknologi protektif,
adalah teknologi yang digunakan untuk melindungi (konservasi, restorasi, dan regenerasi) segenap sumber daya alm yang ada.

Pada mulanya, antara ilmu pengetahuan dan teknologi itu tidak selalu ada kaitannya,maksudnya suatu pengetahuan tidak harus menjadi ilmu terlebih dahulu.

 

Recent Posts