Terbentuknya Kekuasaan Kolonial di Indonesia

Setelah pembentukannya,kongsi dagang VOC segera dapat memainkan peranan ekonominya di Indonesia.VOC ternyata tidak hanya mampu berperan

sebatas kongsi dagang tetapi dapat menjelma sebagai kekuatan politik yang sangatberpengaruh di Indonesia.Hal ini karena VOC diberi hak istimewa dari Pemerintah Negara Belanda.

Hak istimewa itu di beri nama  hak Oktroi,yaitu hak untuk bertindak seperti negara,yaiti sebagai berikut.

a.Hak untuk mencetak uang sendiri

b.Hak untuk membentuk tentara

c.Hak untuk membentuk penagdialn

d.Hak untuk mengangkat dan memberhentikan pegawai

e.Hak berperang,berdamai,dan mengadakan perjanjian dengan raja raja pribumi.

            Untuk memperlancar kegiatan monopoli yang dilakukan,maka di angkatlah seorang Gubernur Jenderal VOC yang pertama yaitu Pieter Both(1610-1614)ia di tempatkan di pangkalan dagang VOC yang paling kuat yaitu,Ambon.

            VOC makin kuat kedudukan politik dan ekonominya pada masa Gubernur Jenderal Jan Pieter Zoon Coen(1619).Dibawah kepemimpinannya,VOC berhasil merebut Jayakarta.Pada tanggal 30 Mei 1619,ia mengganti nama Jayakarta menjadi Batavia.Keberhasilan VOC menguasai Batavia makin memperlancar usahanya untuk menguasai perdagangan rempah rampah.

            Sebagai kongsi dagang yangmemiliki hak oktoroi  VOC telah menjadi”mesin pendulang kekeyaan”bagi Belanda.Namun bagi bangsa Indonesia,VOC bagaikan “mesin penghancur”yang membuat hidup mereka sangat menderita.

4.Bentuk-bentuk perlawanan masyarakat Indonesia dalam melawan penjajah

            Bangsa Barat yang datang ke Indonesia segera menjalankan praktik-praktik imprealisme.Keberdaan mereka akhirnya sangat merugikan rakyat dan penguasa tradisional,baik secara politik maupun ekonomi.Kenyataan ini akhirnya mendorong  munculnya reaksi dari rakyat dan kerajaan-kerajaan melakukan berbagai bentuk perlawanan perlawanan.Tujuannya adalah untuk mengakhiri para penjajah beserta praktik-praktiknya.

            Perlawanan kerajaan-kerajaan dan rakyat terhadap praktik penjajah meliputiperlawanan terhadap portugis dan VOC,serta perlawanan terhadap pemerintah kolonial.

Perlawanan itu berlangsung seiring dengan perluasan kolonialisme dan imprealisme barat diberbagai wilayah di Kepulauan Nusantara .Beberapa perlawanan bersifat sangat lokal dan bahkan individual atau kelompok kecil dan hanya berlangsung pada waktu singkat.Namun ada juga perlawanan lain yang bersifat massal dan mencakup wilyah yang sangat luas.

Sumber :

https://balad.org/konsumsi-ikan-bantu-turunkan-gangguan-tidur-perbaiki-iq/