Iklim Sosial Kelas

Menurut Faisal dan Yasik (1985) terdapat enam iklim sosial yang timbul di kelas yaitu sebagai berikut.

  1. Iklim Terbuka

Pada iklim terbuka ini, segala tingkah laku guru menggambarkan integrasi antara kepribadian seorang guru sebagai individu dan peranannya sebagai leader di dalam kelas. Selain memberikan kritik, guru juga mau menerima kritikan dari para siswa. Hubungan guru dengan siswa bersifat luwes atau fleksibel sehingga suasana yang seperti  ini dapat mempertinggi kreativitas siswa karena mereka dapat berkreasi tanpa adanya beban mental. Dan akibatnya, setiap murid biasanya dapat memperoleh kepuasan dalam melaksanakan tugas hubungan ini serta dapat memperlancar jalannya organisasi di kelas maupun organisasi di sekolah yang lebih luas.

  1. Iklim Mandiri

Dalam iklim mandiri, masing-masing mendasarkan pada kemampuan dan tanggung jawab yang dimiliki. Para siswa mendapatkan kebebasan dari guru untuk mendapatkan kebebasan kebutuhan belajar dan kebutuhan sosial mereka. Mereka tidak terlalu dibebani dengan tugas-tugas yang berat dan menyulitkan mereka. Yang lebih esensial dalam iklim mandiri ini, antara guru dan siswa bekerja sama dengan baik, penuh tenggang rasa, dan penuh kesungguhan hati. Kepercayaan dan tanggung jawab masing-masing membuat guru memberikan kelongggaran sehingga kontrol yang ketat tidak diperlukan karena para murid dipercaya memiliki moral yang cukup tinggi.

  1. Iklim Terkontrol

Dalam iklim terkontrol, titik sentral kebijakan seorang guru adalah menekankan pada pencapaian prestasi siswa di kelas, tetapi di sisi lain justru mengorbankan kepuasan kebutuhan sosial siswa. Karena tuntutan ini, para guru mengajar secara tidak fleksibel atau kaku. Para siswa sibuk dengan kesibukannya sendiri-sendiri sehingga tidak bisa mendapat kesempatan untuk membentuk hubungan kerja yang lebih akrab dan sosialitas tinggi. Fungsi pimpinan sangat dominan karena tidak adanya fleksibilitas dalam organisasi kelas tersebut. Setiap pembelajaran yang telah terjadwal dijalankan secara ketat, dan untuk menjaga keberlangsungan belajarnya guru menerangkan aturan yang keras disertai sanksi fisik atau nonfisik yang berlaku mulai saat itu juga.

 

Sumber :

https://icanhasmotivation.com/jasa-penulisan-artikel/