PENJELAJAHAN BANGSA-BANGSA EROPA SEJAK AKHIR ABAD 15

  1. Penjelajahan bangsa portugis

Pelopor penjelajahan bangsa portugis adalah Pangeran Henry “Pelaut” (1294-1460) yang sampai di pantai Barat Afrika dan mereka menemukan emas di Afrika. Pada tahun 1487 Bartholomeus Diaz mencapai ujung Afrika Selatan yang disebut Tanjung Harapan. Penjelajahan ini lalu diteruskan oleh Vasco da Gama (1497-1499) sampai di Goa(India). Dari india para penjelajah kembali ke Lisabon/Lisboa dengan membawa barang dagangan yang sangat berharga.

  1. Spanyol

Apabila portugis menjelajah ke Selatan lalu ke timur , Bangsa Spanyol berlayar ke arah barat. Dasar penjelajahan kedua bangsa tersebut adalah kesepakatan/perjanjian Thordesillas tahun 1492 setelah spanyol dan portugis sepakat meminta restu Paus untuk menyebarkan ajaran agama Katolik ke seluruh dunia

Isi perjanjian Thordesilla menetapkan : Portugis berlayar ke Timur dan Spanyol ke barat masing-masing dari kepulauan Tanjung Verdee yang terletak di sebelah barat Afrika.

Para penjelajah samudra yang berasal dari Spanyol antara lain adalah : Columbus dan Magehaens . Columbus melakukan empat kali pelayaran ke Amerika antara tahun 1492-1502 dan menemukan kepulauan Karibia. Sedangkan untuk pelayaran Magelhaens ia berlayar dari Spanyol ke arah barat daya melintasi Samodra Atlantik sampai di ujung selatan Amerika yang disebut selat Magelhaens kemuadian menyeberangi samodra Pasifik, dan mendarat di Philipina tahun 1521. Magelhaends terbunuh. Pelayaran dilanjutkan oleh Sebastian del Cano yang tiba dimaluku pada tahun 1522. Pelayaran magelhaens berpengaruh bagi dunia ilmu pengetahuan yaitu :

  1. Bukti bahwa bumi itu bulat
  2. Samodra Pasifik semakin luas
  3. Bumi ini lebih besar dibandingkan dengan keadaan yang selama ini dipercaya orang

Untuk menghindari permusuhan antara kedua Negara tersebut ., maka diperbaharuilah perjanjian Thordesillas menjadi perjanjian Saragosa pada tahun 1521

Isi perjanjian Saragosa adalah :

  1. Daerah kekuasaan dan pelayaran Portugis adalah dari Brazilia ke Timur sampai Halmahera
  2. Spanyol berkuasa atas mexico ke barat terus sampai Philipina.
  3. Belanda

Pada tahun 1580 Portugis diduduki oleh spanyol sementara itu Belanda terlibat perang kemerdekaan melawan Spanyol tahun 1568-1648 maka oleh spanyol para padagang belanda tidak di izinkan membeli rempah-rempah yang berpusat di Lisabon. Para pedagang Belanda kemudian berusaha mencarikan sendiri pusat rempah-rempah di dunia timur. Para petualang Belanda beruntung karena mereka memperoleh informasi perjalanan bangsa Portugis ke Asia dan Indonesia Dari Jan Huygen Van Linschoten , seorang penjelajah belanda yang ikut pelayaran Portugis sampai di Indonesia.

Pada tahun 1596 , Cornelis de Houtman dengan empat buah kapal berawak kapal 249 orang mendarat di Banten. Kehadiran Belanda di Nusantara di mengawali penjajahan di Indonesia ditandai dengan terbentuknya VOC(Verenigde Oost Indishe Compagnie) tahun 1602.

  1. Inggris

Kedatangan pedagang barat menjadi awal berkembangnya kolonialisme belanda di

Oleh pemerintahan Belanda , VOC diberi oktroi (hak-hak istimewa ) sebagai berikut :

  1. Dianggap sebagai wakil pemerintah BElanda di Asia
  2. Monopoli perdagangan
  3. Mencetak uang mengedarkan uang sendiri
  4. Mengadakan perjanjian
  5. Menaklukan perang dengan Negara lain
  6. Menjalankan kekuasaan kehakiman
  7. Pemungutan pajak
  8. Memiliki angkatan perang sendiri
  9. Mengadakan pemerintahan sendiri

Untuk melaksanakan kekuasaan di Indonesia di angkatlah jabatan Gubernur jenderal VOC antara lain :

 

Baca Juga :

https://ngelag.com/jasa-penulis-artikel/