Menjadi seorang guru bukanlah tugas yang mudah. Seorang guru tidak hanya harus mampu mengajar sains, tetapi ia harus menjadi panutan yang baik bagi murid-muridnya, terutama jika ia bisa menjadi guru favorit yang dipilih oleh siswa.

Siswa yang telah memilih salah satu guru favorit mereka akan lebih mudah menerima instruksi. Contoh lain adalah jika guru tidak menyukai guru, pelajaran yang akan Anda ajarkan sangat sulit diterima, bahkan malas mengajar. Jadi, menjadi guru yang mahal itu sangat penting, Anda tahu.

Sayangnya, tidak semua guru tahu bagaimana menjadi guru yang populer. Untuk alasan ini, artikel berikut akan menjelaskan tips sehingga Anda dapat mempertimbangkan siswa sebagai guru favorit Anda di semua tingkat pendidikan.

1. Beri kesan positif dan antusias

Sebelum memulai pelajaran, cobalah untuk menunjukkan kepada siswa dampak positif. Kirim mereka senyum dan salam untuk membuat mereka merasa nyaman mulai belajar. Anda juga perlu menunjukkan antusiasme dalam hal antusiasme untuk mengajar.

Baca juga: Berikut adalah 10 kriteria untuk menjadi guru yang profesional
Menurut penelitian yang dilakukan oleh Muhammad Al-Haddad dari Universitas Muhammadiyah di Sucarta, motivasi siswa untuk belajar di sekolah sangat tergantung pada guru. Dengan keunggulan kedua tren ini, siswa tentu akan senang menerimanya di kelas.

2. Dekat dengan siswa

Jika Anda ingin menjadi guru favorit, Anda dapat mencoba untuk tetap dekat dengan siswa. Jadilah seorang guru yang bisa ramah kepada siswa Anda, yang dapat memenangkan hati Anda tidak hanya di kelas tetapi juga di luar kelas. Kemudian, siswa menganggap Bapak / Ibu sebagai teman mereka, tanpa meninggalkan sikap sopan dan rendah hati terhadap Bpk. / Ga.

Jika Anda ingin dekat dengan siswa Anda, Anda harus bersikap baik dan mudah dengan mereka, sehingga Anda akan dapat menjalin hubungan keluarga atau pertemanan dengan siswa nanti.

Kiat tentang cara menjadi guru populer di sekolah

Teh. Senyum mengajar
Siapa yang tidak suka orang yang menyenangkan? Jadi siswa melakukan ini dengan guru mereka. Anda harus memiliki sifat humor yang dapat Anda pelihara saat mengajar dan belajar di kelas.

Kegiatan belajar mengajar tidak akan terasa mentah jika Anda adalah orang yang menyenangkan. Namun, humor tidak berarti serius, tetapi mampu melemahkan suasana selama pelaksanaan kegiatan belajar. Lucu, tetapi cobalah untuk memecah masalah dengan hal-hal yang masih terkait dengan konten

4. Jangan suka mengkritik

Anda harus terbiasa dengan istilah “pembunuh guru,” kan? Sebagai guru, mereka tentu tidak ingin siswa memberi label seperti itu kepada mereka. Nah, untuk ini Anda harus bisa mengurangi intensitas kemarahan di kelas, ubahlah sehingga Anda memberinya nasihat yang baik.

Bayangkan diri Anda sebagai orang tua kedua yang bisa menjadi teman yang ingin Anda bagikan dengan siswa. Dengan cara ini Anda akan dapat mendekati mereka dan dapat menemukan masalah apa yang benar-benar dialami oleh mereka yang benar-benar menghambat sekolah. Ketika mereka saling memahami, kemarahan berubah menjadi empati.

Baca juga: 7 tips untuk sukses dalam guru

5. Memahami materi pembelajaran

Salah satu faktor yang mencegah siswa dari memahami pelajaran yang diajarkan oleh Bapak / Ibu adalah bagaimana materi disampaikan. Guru, yang mungkin menjadi favorit siswa, tahu bagaimana menjelaskan konten dan berkomunikasi dengan jelas, singkat, bermakna atau menghina.

Guru seperti itu dianggap telah memahami mata pelajaran yang mereka ajarkan. Siswa akan senang untuk berpartisipasi dalam pengajaran dan akan dengan mudah memahami apa yang sedang dipelajari.

Nah, setelah tahun ajaran baru, Anda bisa mencoba lima tips di atas untuk menjadi guru favorit siswa. Selain menjadi guru populer, Anda juga dapat mendaftar ke kelas sebagai guru privat untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari mengajar.

Baca juga: