Jika Anda senang membaca, terutama menulis fiksi, Anda tentu akrab dengan kata itu. Artikel yang ditulis di bagian khusus dapat ditemukan di jurnal, surat kabar, atau artikel ilmiah yang ditemukan di Google Cendekia, Scopus, dan lainnya. Faktanya, sekarang setelah Anda membaca artikel, Anda tahu.

Hmm, tapi apa artinya artikel ini? Apa komposisi dan jenis produk? Lihat penjelasan di bawah ini untuk.

Artikel adalah artikel dengan fakta dan opini yang dipublikasikan di media dan di media sosial. Tujuan artikel ini adalah untuk menyajikan ide lengkap dengan data dan fakta yang disajikan secara tertulis. Artikel tersebut dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur pembaca. Menurut Anda apa manfaat membaca blog Ruangguru? Komentar selanjutnya:

Fitur Produk

Nah, begitu Anda mengenal makna dan karakteristik artikel tersebut. Merasa bahwa Anda tidak tertarik untuk menulis artikel? IITS, tetapi sebelum itu Anda perlu tahu bagaimana menyusun artikel. Hmmm, seperti yang kita tahu, setiap teks harus memiliki struktur. Sekarang, dengan memahami struktur teks, kita dapat membuat artikel lebih mudah.

Struktur artikel

Secara umum, komposisi artikel terdiri dari tiga bagian, yaitu bagian pembuka, bahan dan bagian tertutup.

Bagian pengantar mencakup arah (fase pengantar) dari konten artikel yang kita bahas.
Bagian konten adalah deskripsi dari masalah utama yang dibahas dalam artikel
Bagian penutup, yang merupakan kesimpulan yang mengandung kalimat-kalimat utama, merangkum diskusi secara ringkas dan jelas.
Artikel pendek dan contoh komposisi mereka

Jenis produk

Produk tergantung pada metode pengiriman dan kesulitan, dibagi menjadi empat jenis.

1. Artikel eksperimental, yaitu. Artikel yang memprioritaskan keterampilan daripada pengembangan pengetahuan. Artikel ini memiliki hubungan deskriptif, artinya pesan disusun menurut waktu, peristiwa, atau fase. Sudahkah Anda membaca artikel tentang cara melakukan sesuatu? Atau bagaimana cara memperbaiki dan mengoperasikan perangkat? Sekarang dimasukkan dalam artikel praktis.

Langkah-langkah untuk membuat esai

Contoh artikel eksperimental yang membahas langkah-langkah penting dalam membuat esai
(Sumber: blog.ruangguru.com)

2. Artikel ringan membahas masalah pencahayaan dan tidak membutuhkan pemahaman yang lebih dalam. Biasanya penulis membuat artikel lucu atau memberi kesan menghibur pembaca, tetapi kontennya tetap informatif. Oleh karena itu, pembaca tidak perlu sepenuhnya fokus ketika membaca artikel yang mudah. Anda dapat menemukan artikel ini di majalah remaja, surat kabar atau blog. Contohnya Blog Ruangguru di bawah ini.

Cara belajar ilmuwan

Contoh artikel ringan membahas gaya belajar ilmuwan (sumber: blog.ruangguru.com)

Op. Artikel opini biasanya semua artikel opini. Tapi, artikel seperti itu hanya ada di koran atau majalah yang memiliki penempatan khusus, Anda tahu … sama seperti Anda, saya punya tempat khusus di hati saya, hahaha. Tempat khusus ini seperti sudut, kolom kolom, editorial, dan lainnya. Oh ya, biasanya artikel ini membahas masalah tersebut secara mendalam, sehingga penulis harus menjadi ahli di bidangnya.

Artikel dengan opini di surat kabar

Artikel dengan opini di koran (sumber: eksekusi uu.com)

Tole. Artikel tentang analisis pakar ini lebih sulit daripada artikel lainnya. Jenis artikel ini adalah laporan sistematis tentang hasil studi atau penelitian, seperti disertasi, disertasi, esai, atau penelitian lainnya. Fitur yang dapat dikenali adalah bahwa presentasinya tidak lama, tetapi tidak mengurangi nilai beasiswa. Artikel ini biasanya diterbitkan dalam jurnal ilmiah. Perbedaannya adalah bahwa artikel lain biasanya menggunakan bahasa populer, sedangkan artikel ini harus menggunakan bahasa standar atau ilmiah. Ada yang menyebutnya artikel ilmiah.
Artikel ilmiah, artikel analisis profesional

Artikel ilmiah (sumber: ruangguru.co)

Ini tentang pemahaman, struktur dan jenis artikel. Seberapa mudah? Bagi Anda yang masih penasaran dengan artikel tersebut, Anda bisa belajar di ruang belajar Plus untuk dapat membahasnya secara lebih mendalam dan mendapatkan tips dan trik dari mentor terbaik. Jadi tunggu apa lagi Unduh sekarang!

Baca juga: