Masalah Yang Di Bahas Dalam Perdagangan International

Beberapa permasalahan yang sedang dihadapi dalam ekonomi internasional saat ini adalah :

  1.  Meningkatnya proteksi perdagangan negara-negara dengan membentuk blok perdagangan seperti Uni Eropa, Blok Perdagangan Amerika Utara (NAFTA), Blok Perdagangan Amerika Serikat dengan Australia dan Selandia Baru (ANZUS) serta blok perdagangan Asia Timur yang dipelopori oleh Jepang.
  2.  Permasalahan kemiskinan di Negara Dunia Ketiga yang timpang dengan kesejahteraan di negara-negara maju.
  3.  Kesiapan dan ketidaksiapan negara-negara yang menghadapi pasar bebas di kawasan fluktuasi nilai tukar mata uang negara-negara dalam sistem moneter yang mengambang yang dapat mengguncang perekonomian domestic suatu negara seperti yang terjadi pada kawasan Asia Tenggara pada tahun 1997-1998.
  4. Persaingan Dolar Vs Euro sebagai mata uang dunia.
  1. Hubungan Ilmu Ekonomi /Perdagangan International Dengan Ilmu

Ekonomi Lain

Terdapat banyak pengertian tentang ekonomi internasional dan bahkan studi ini sering disamakan dengan perdagangan internasional atau bisnis internasional. Harry Waluya menjelaskan pengertian ekonomi internasional sebagai aplikasi dari ilmu ekonomi mikro dan ekonomi makro, selanjutnya dapat dilakukan suatu penerapan teori yang khusus mempelajari masalah hubungan ekonomi antar suatu negara dengan negara lainnya, yaitu dalam cabang ilmu ekonomi internasional sebagai cabang ilmu ekonomi yang benar-benar telah diperas menjadi materi tersendiri yang disebut Teori Murni Perdagangan Internasional (The Pure Theory on International Trade). Nopirin mendefinisikan ekonomi internasional seperti ilmu ekonomi biasa yang mempelajari alokasi sumber daya yang langka guna memenuhi kebutuhan manusia, hanya saja problematikanya berada dalam lingkup internasional. Ilmu ekonomi internasional berusaha mempelajari bagaimana hubungan ekonomi antar satu negara dengan negara lain yang dapat berpengaruh pada alokasi sumber daya baik dikedua negara maupun di negara yang lain. Wujud hubungan ekonomi antar negara ini dapat berupaperdagangan, investasi, pinjaman, bantuan serta kerja sama internasional.

BAB III

PENUTUP

  1.  Kesimpulan
  • Perdagangan luar negeri adalah kegiatan menjual dan membeli (transaksi) yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain atas dasar kesepakatan bersama.
  • Perdagangan luar negeri meliputi perpindahan barang, jasa antar negara (transfer of goods and services), perpindahan modal melalui investasi (transfer of capital), perpindahan tenaga kerja (transfer of labour)perpindahan teknologi (transfer of technology), penyampaian informasi (transfer of data).
  • Kebijakan perdagangan internasional setiap negara berbeda dengan negara lain. Ada negara yang memilih menjalankan kebijakan perdagangan bebas (free trade), ada yang memilih menjalankan kebijakan perdagangan proteksionis, dan ada pula yang memilih gabungan keduanya.

https://radiomarconi.com/