Australia larang Huawei dan ZTE pasok perangkat 5G

Australia larang Huawei dan ZTE pasok perangkat 5G

Australia melarang Huawei dan ZTE menyediakan perangkat untuk jaringan 5G negara tersebut, yang akan diluncurkan secara komersial pada tahun depan, atas dugaan akan mengancam keamanan nasional.

Dalam sebuah cuitan, Huawei menyatakan pemerintah Australia mengatakan

kepada kedua produsen teknologi tersebut bahwa Huawei dan ZTE dilarang memasok perangkat teknologi 5G ke Negeri Kanguru, kendati Huawei memastikan bahwa perangkatnya tidak berpotensi mengancam keamanan nasional.

“Kami telah diinformasikan oleh pemerintah Australia bahwa Huawei dan ZTE dilarang memasok perangkat teknologi 5G ke negara tersebut. Ini sangat mengecewakan bagi konsumen. Huawei merupakan salah satu produsen terdepan dalam jaringan 5G. Telah memasok perangkat teknologi nirkabel yang aman dan nyaman bagi Australia selama hampir 15 tahun,” kata Huawei Australia melalui akun resmi Twitter-nya.

Baca juga: Trump teken RUU larang pemerintah pakai teknologi Huawei-ZTE

Sebelumnya, pemerintah Australia menerbitkan aturan keamanan baru bagi penyedia teknologi 5G. Walaupun tidak langsung menyebut Huawei, ZTE atau produsen teknologi lainnya asal China, aturan itu secara tersirat menyinggung mereka dengan menyatakan “pemerintah perlu mengkaji keterlibatan vendor yang kemungkinan menjadi subyek arahan ekstrayudisial dari pemerintahan asing yang bertentangan dengan hukum Australia, kemungkinan berisiko tidak memberikan perlindungan terhadap jaringan 5G secara memadai dari akses atau interferensi tak bertanggung jawab.”

Sebelumnya pada bulan ini, Amerika Serikat melarang penggunaan produk Huawei

dan ZTE oleh institusi-institusi dan kontraktor pemerintah, enam tahun setelah laporan Kongres Amerika Serikat menyebut dua perusahaan tersebut sebagai ancaman keamanan.

 

sumber :

https://syifa.student.ittelkom-pwt.ac.id/seva-mobil-bekas/