Dengan 170 juta pengguna, Bilibili adalah hal terdekat yang dimiliki Cina ke YouTube

Dengan 170 juta pengguna, Bilibili adalah hal terdekat yang dimiliki Cina ke YouTube

 

Dengan 170 juta pengguna, Bilibili adalah hal terdekat yang dimiliki Cina ke YouTube

Dengan 170 juta pengguna, Bilibili adalah hal terdekat yang dimiliki Cina ke YouTube

 

Bilibili, sebuah situs web streaming video Tiongkok yang dulunya dianggap sebagai surga bagi subkultur anak muda, telah dengan mantap masuk ke arus utama seiring bertambahnya usia pengguna dan diversifikasi konten. Perusahaan yang diperdagangkan NASDAQ mencatat pertumbuhan 70% dari tahun ke tahun untuk mencapai 172 juta pengguna aktif bulanan pada kuartal pertama , menempatkannya pada peringkat yang sama dengan layanan video yang dioperasikan oleh Tencent dan iQiyi Baidu.

Waktu harian yang dihabiskan per pengguna melonjak ke rekor 87 menit, yang kemungkinan terkait dengan pesanan perpanjangan tinggal di rumah yang dikenakan pada siswa selama COVID-19.

Pada periode yang sama, Tencent Video melaporkan 112 juta pelanggan, sementara iQiyi memerintahkan 118,9 juta, hampir semuanya membayar. Bilibili, sebaliknya, hanya melihat sekitar 8% dari pembayaran MAU-nya.

Mesin pertumbuhan Bilibili pada dasarnya berbeda dari kedua raksasa itu. Sementara

Tencent Video dan iQiyibertaruh di Netflix-style, program yang diproduksi secara profesional, Bilibili mengandalkan beragam konten yang dibuat pengguna dalam gaya Youtube. Jumlah pembuat bulanan tumbuh 146% menjadi 1,8 juta, yang secara kolektif mengirimkan 4,9 juta lembar per bulan. Di antara pencipta atasnya adalah, lihatlah, Liga Pemuda Komunis Tiongkok.

Zheping Huang

@pingroma
· Apr 28, 2020
You might know Bilibili as a forum for gaming and anime geeks, or China’s newest YouTube.

But the video site — backed by both Alibaba and Tencent — has begun serving its 130mln young users increasingly patriotic fare. https://bloom.bg/3bKv4gW My latest for @BW

China’s Hit Video Site Serves Teens Anime With a Side of Marx

Alongside clips about manga and Grand Theft Auto are virus conspiracy theories and anti-American rhetoric.

bloomberg.com

Zheping Huang

@pingroma
The Youth League is among Bilibili’s top 7 creators, and it gets the most likes of any contributor. It and other state-sanctioned influencers have been flooding the site with virus-related conspiracy theories and fanning anti-American sentiment. https://bloom.bg/3bKv4gW

View image on Twitter
26
8:00 AM – Apr 28, 2020
Twitter Ads info and privacy
See Zheping Huang’s other Tweets
Situs ini juga memiliki cara tidak konvensional untuk memonetisasi pemirsanya. Ini berfungsi ganda sebagai platform game mobile – yang diharapkan karena basis penggunanya yang masih muda – dan memperoleh setengah dari pendapatannya dari video game di Q1. Jalan lain untuk menghasilkan pendapatan datang dari penjualan barang virtual selama siaran langsung, iklan, dan penjualan dari pembuat konten yang mengoperasikan toko online melalui Bilibili.

Meskipun pertumbuhan pengguna yang sehat, Bilibili melebar kerugian bersih menjadi 538,6 juta yuan atau US $ 76,1 juta pada kuartal pertama, peningkatan tajam dari 195,6 juta yuan dari tahun sebelumnya. Ini mengutip COVID-19 yang menyebabkan keterlambatan pengiriman barang melalui platformnya.

Meskipun demikian, perusahaan meningkatkan cadangan kasnya menjadi 10 miliar

yuan atau $ 1,14 miliar setelah Sonymengeluarkan investasi strategis senilai $ 400 juta, yang akan mengeksplorasi sinergi dalam animasi dan permainan di antara para mitra. Pemula hiburan online adalah salah satu dari sedikit perusahaan yang telah menarik pembiayaan dari Alibaba dan Tencent, yang merupakan archrivals lama.

“Di Q1, kami masih menghasilkan arus kas operasi positif, dan pembakaran tunai aktual kami di Q1 adalah 200 juta yuan, yang jauh lebih sedikit daripada kerugian dalam P&L kami,” kata kepala pejabat keuangan Bilibili Fan Xin selama panggilan pendapatan perusahaan.

Baca Juga: