Menjual mobil bekas bukanlah perkara yang mudah. Biasanya tantangan harga jual pulang menjadi hal yang kerap menciptakan pemilik menjadi ‘galau’. Mengapa demikian? Karena tidak sedikit pemilik mobil yang menginginkan mendapat harga yang layak terhadap mobil yang mereka jual. Lantas, bagaimana teknik untuk menemukan harga dari suatu mobil yang layak saat menjual mobil bekas?

Periksakan situasi seluruh mobil
Ketika berkeinginan menjual mobil bekas, urusan kesatu yang mesti Kalian lakukan ialah memeriksa situasi mobil secara menyeluruh. Dengan begitu, Kalian dapat memahami apakah terdapat kekurangan, kehancuran maupun penggantian komponen apa yang mesti dilaksanakan secara segera. Hal itu bertujuan untuk supaya calon konsumen yang berkeinginan membeli mobil bekas yang dipasarkan mendapatkan mobil dengan kriteria yang mereka inginkan.

Kalian dapat memulai pemeriksaan dari mulai unsur luar mobil laksana cat mobil, kemudian berlanjut memeriksa ketebalan ban, kelayakan pelek mobil, mengecek faedah panel di semua instrumen dalam interior mobil, sampai pengecekan mesin. Dengan situasi mobil yang prima, paling tidak dapat membantu Kalian yang akan memasarkan mobil bekas guna mendapatkan harga yang pantas dari calon konsumen

Periksa unsur interior mobil
Bagian interior mobil ialah bagian yang paling penting dipertahankan kebersihannya. Apalagi di tengah pandemi covid-19 ini kebersihan ialah hal yang mutlak. Ketika Kalian hendak menjual mobil bekas, pastikan interior mobil sudah dimurnikan secara menyeluruh. Mulai dari unsur dashboard, lantai kabin, jok, kaca dan bagian-bagian lainnya. Hal ini bertujuan supaya ketika pembeli memeriksa bagian interior, calon konsumen tidak mengerjakan komplain. Faktanya, mayoritas calon konsumen pembeli bakal jauh lebih tertarik saat melihat interior mobil yang terawat dan bersih.

Pastikan mobil tampil mengkilap
Nah, urusan terpenting lainnya saat Kalian berkeinginan menjual mobil bekas ialah pastikan mobil tampak kinclong. Ketika calon pembeli menyaksikan tampilan mobil yang bersih, maka yang terpintas di benak calon pembeli ialah “mobil ini kelihatannya terawat”. Dengan begitu, calon pembeli bakal rela mengeluarkan ongkos yang telah diputuskan oleh penjaja demi menemukan mobil yang terawat dengan baik. Banyak urusan yang dapat dilakukan supaya mobil dapat tampil mengkilap, mulai dari pencucian mobil, coating mobil, pemasangan kaca film dll.

Lakukan detailing unsur mesin
Siapa sangka ada sejumlah calon pembeli yang paling detail sampai mengecek kesucian mesin ketika berkeinginan membeli mobil. Mencuci unsur mesin mobil ketika berkeinginan menjual mobil bekas sebenarnya gampang lho Kalian. Kamu dapat menyiapkan alat-alat simpel yang dapat kamu dapatkan di lokasi tinggal seperti, sabun, ember, sikat kecil dan pastinya lap. Ingat, saat melakukan pencucian di ruang mesin, tidak boleh pernah untuk memancar dengan air bertekanan tinggi. Hal itu dilakukan supaya tidak terjadi konsleting karena tidak sedikit ada bagian kelistrikan yang terdapat di unsur ruang mesin mobil.

Kalian dapat membersihkan debu-debu maupun bekas oli yang menempel di unsur mesin mobil dengan memakai sikat kecil atau sikat gigi bekas untuk mencapai bagian/celah sempit di unsur mesin. Tentunya Kalian juga dapat sekaligus memeriksa bagian mesin apakah terdapat rembesan atau unsur yang butuh diganti supaya ketika calon konsumen yang hendak membeli mobil tidak mengerjakan komplain apapun.

Kelengkapan perangkat mobil
Ketika berkeinginan menjual mobil bekas, terkadang urusan sepele seperti memeriksa perlengkapan di mobil sering terlupakan. Meskipun sepele, urusan ini dapat jadi penentu konsumen jadi atau tidaknya melakukan pembelian sebuah mobil lho. Apa saja sih perangkat yang mesti ada di suatu mobil? Yang utama ialah dongkrak sera kunci pendahuluan roda, segitiga merah pengaman, dan kotak P3K.

Siapkan dokumen riwayat mobil
Terkadang terdapat konsumen yang berkeinginan membeli mobil bekas menanyakan apakah terdapat riwayat atau daftar servis rutin mobil. Hal tersebut bertujuan untuk membalas rasa penasaran sekaligus meningkatkan nilai jual untuk konsumen bahwa mobil itu memang diasuh dengan baik oleh empunya sebelumnya. Dengan begitu, konsumen bakal semakin tertarik untuk melakukan pembelian mobil bekas tersebut.

Foto mobil
Tahukah kalian, konsumen di Indonesia tidak jarang kali menilai suatu mobil guna kesatu kalinya dari foto/gambar mobil yang Kalian unggah. Foto, menjadi pesona utama saat akan memasarkan mobil bekas. Jadi, usahakan guna mengambil potret dengan rapi dan mendetail. Kalau perlu, pakai kamera yang bagus guna menghasilkan potret yang menarik. Jangan lupa guna memfoto semua bagian mulai dari eksterior, interior sampai komponen lainnya. Hal ini terbukti ampuh menarik pesona konsumen terhadap mobil yang sedang Kalian jual.

Pilih platform jual beli mobil bekas online yang tepat
Di era digital laksana sekarang, sudah tidak sedikit tersedia website jual beli mobil bekas. Namun Kalian mesti pastikan platform online itu mempunyai reputasi baik, terdapat layanan yang lengkap, gampang untuk memasarkan mobil atau menggali mobil sampai kemudahan saat bertransaksi.

Gunakan layanan promosi
Di era digital ini, sangatlah urgen untuk mempromosikan apa yang sedang Kalian jual. Jika tidak dipromosikan konsumen atau calon pembeli tidak bakal pernah tau bahwa anda sedang memasarkan barang tersebut.

Sumber:  https://www.mixcloud.com/sevamobilbekas/