Salah satu hal yang paling dihindari oleh para pemilik pemilik mobil adalah aki mobil tekor. Sebab, jika hal ini terjadi akan membuat mobil tidak dapat menyala karena sistem kelistrikan dalam mobil yang bermasalah.

Kurang merawat aki juga menjadi salah satu penyebab mengapa aki mobil tekor. Namun selain itu, terdapat beberapa hal utama yang sering membuat aki bermasalah, antara lain yaitu.

1. Ketinggian Cairan Aki Tidak Dijaga
Salah satu penyebab utama aki mobil tekor adalah karena tidak dijaganya ketinggian cairan aki. Padahal, pada prinsipnya, setiap jenis aki mempunyai jumlah cairan yang berbeda-beda sehingga perlu dijaga tingkat ketinggiannya agar tidak terjadi oksidasi.

Sebab, jika sampai terjadi akan membuat pelat tidak dapat berfungsi dengan normal sehingga membuat mobil tidak dapat di starter. Bukan hanya itu saja, jika pelat telah teroksidasi, maka penambahan air pun akan percuma karena tidak akan dapat mengembalikan aki ke kondisi semula, yang akhirnya membuat Anda perlu mengganti dengan aki yang baru.

2. Mobil Jarang Digunakan
Saat mobil dalam kondisi mati, maka beberapa komponen kelistrikan akan tetap menggunakan listrik yang berasal dari aki mobil untuk tetap berfungsi. Kondisi ini disebut juga dengan dark current.

Sehingga jika energi aki tersebut terus menerus digunakan tanpa pernah diisi kembali, tentu akan menyebabkan terjadinya sulfatisasi yang jika tidak segera dikembalikan lagi akan membuat terjadinya pengerasan pada pelat.

Jika kondisi ini telah terjadi, maka akan membuat pelat pada aki tidak akan dapat berfungsi lagi sehingga perlu dilakukan pergantian. Karena itulah mengapa sangat disarankan untuk selalu rutin menjalankan mobil agar aki mobil dapat terisi kembali secara teratur.

3. Berlebihannya Beban Kelistrikan
Sulfatisasi terjadi bukan hanya pada mobil yang jarang digunakan, namun juga berlaku bagi mobil yang ditambahkan beragam aksesori secara berlebihan, seperti penambahan sound system dan lain-lain yang tentunya akan menambah beban daya bagi sistem kelistrikan.

Karena itu, sebelum Anda menambahkan beragam aksesori pada mobil Anda, sebaiknya memperhitungkan secara spesifik mengenai kemampuan alternator dalam menyuplai listrik. Sebab, jika tidak diperhitungkan, akan membuat beban berlebih pada sistem kelistrikan secara menyeluruh.

Sumber : https://www.redbubble.com/people/sevamobilbekas/shop