Laporan Apple akan mulai menjual Mac dengan prosesornya sendiri pada tahun 2021

Laporan: Apple akan mulai menjual Mac dengan prosesornya sendiri pada tahun 2021

 

Laporan Apple akan mulai menjual Mac dengan prosesornya sendiri pada tahun 2021

Laporan Apple akan mulai menjual Mac dengan prosesornya sendiri pada tahun 2021

Sebuah laporan baru dari Bloomberg mengutip sumber-sumber yang dekat dengan Apple yang mengatakan bahwa Apple berada di jalur untuk memperkenalkan Mac yang menjalankan CPU dan GPU buatan Apple pada tahun 2021. Chip yang dikembangkan perusahaan adalah nama kode Kalamata.

Bacaan lebih lanjut
Tim Cook tentang penggabungan macOS dan iOS: “Saya tidak berpikir itu yang diinginkan pengguna”
Meskipun ada laporan terpercaya sebelumnya bahwa Apple melakukan hal ini, artikel hari ini membahas lebih detail daripada sebelumnya tentang strategi Apple dan arsitektur dasar chip. Sumbernya mengatakan bahwa Apple sedang mengerjakan tiga sistem berbeda pada chip untuk Mac, dan semuanya akan didasarkan pada chip A14 yang dikembangkan perusahaan untuk iPhone andalan berikutnya.

Gelombang awal chip Mac akan memiliki delapan core berkinerja tinggi dan empat yang hemat energi — masing-masing diberi nama kode Firestorm dan Icestorm. Apple sepertinya sedang memperkenalkan chip dengan lebih banyak core di produk-produk selanjutnya, tampaknya.

Fakta bahwa Apple sedang mengembangkan banyak chip Mac mungkin merupakan petunjuk bahwa Apple mungkin tidak hanya memikirkan laptop Mac tunggal berdasarkan pada silikon in-house tetapi seluruh lini. Tidak jelas dari sini apakah ini akan menjadi tambahan untuk jajaran saat ini, berbasis Intel atau apakah Apple akan mulai menggantikan Mac dalam jajaran saat ini dengan komputer yang dibangun dengan chip ini dalam pikiran.

Laporan itu mengatakan bahwa salah satu chip yang dikembangkan Apple akan “jauh lebih cepat” daripada yang digunakan di iPhone atau iPad, meskipun mereka belum cukup untuk mengganti chip Intel tercepat di MacBook Pro atau Mac Pro. Seperti halnya chip iPhone dan iPad, chip Mac ini akan dibangun menggunakan teknik produksi 5-nanometer, dan dibuat oleh Taiwan Semiconductor Manufacturing.

Apple berencana untuk memperkenalkan prosesor baru setelah iPhone 2021 yang

didasarkan pada chip ponsel juga, dan Bloomberg mencatat bahwa ini mungkin berarti Apple berencana untuk mengembangkan silikon untuk iPhone, iPad, dan Mac berbaris dalam langkah maju. Itu tidak mengejutkan, mengingat bagaimana Apple telah melakukan hal-hal di masa lalu.

Bacaan lebih lanjut
Apple menuntun Ars melalui sistem A12X iPad Pro menggunakan sebuah chip
Semua itu menunjukkan bahwa kita kemungkinan besar akan menggunakan versi Apple yang didorong chip, katakanlah, MacBook Air atau Mac mini sebelum kita melihat workstation kinerja Apple melakukan peralihan.

Apple saat ini menggunakan CPU Intel di semua Mac-nya, yang mulai dikerjakannya kembali pada tahun 2006. Peralihan itu merupakan anugerah bagi platform sebagian karena membuatnya lebih mudah bagi pengembang untuk membuat perangkat lunak yang dapat dengan mudah diangkut ke Mac dari Windows yang dominan sistem operasi dan sebaliknya.

Tapi itu dulu. Pemandangannya sangat berbeda sekarang. Saat ini, sistem operasi iOS

/ iPadOS milik Apple sendiri merupakan raksasa platform, dengan ekosistem perangkat lunak yang jauh lebih kuat daripada yang dinikmati pengguna di Mac. Tahun lalu, Apple memperkenalkan inisiatif baru yang disebut Catalyst yang semuanya tentang menyediakan alat untuk membantu pengembang port aplikasi iPad ke macOS dengan mudah.

Memindahkan Mac ke chip yang terkait erat dengan yang ditemukan di iPad dan iPhone akan semakin meningkatkan tujuan itu. Yang mengatakan, kepemimpinan Apple telah membuat pernyataan publik bahwa perusahaan tidak berniat untuk menggabungkan MacOS dan iOS / iPadOS; mereka akan tetap menjadi sistem operasi yang berbeda, dan laporan ini di Bloomberg menegaskan hal itu.

Bacaan lebih lanjut
Catalyst deep dive: Masa depan perangkat lunak Mac menurut Apple dan devs
Ada alasan lain bagi Apple untuk beralih dari Intel juga. Beberapa pembaruan untuk jajaran produk Mac Apple sering dihambat untuk menunggu pembaruan atau mengatasi hambatan dalam peta jalan Intel, yang tidak selalu sesuai dengan prioritas Apple dan yang telah mengalami gangguan di masa lalu.

Plus, bagian inti dari filosofi Apple dalam mendesain dan memasarkan produk adalah

integrasi ujung-ke-ujung perangkat keras, perangkat lunak, dan layanan. Ini akan memberi Apple kontrol lebih besar atas seluruh pengalaman Mac. Mungkin juga memungkinkan Apple untuk mengadopsi strategi baru untuk menggantikan yang mengembangkan chip khusus yang menambahkan fitur keamanan dan sejenisnya di atas apa yang sudah ditawarkan chip Intel (seperti dengan chip T2, misalnya) dan mengambil pendekatan yang lebih terpadu seperti itu terlihat di iPhone.

Baca Juga: