Cara Akses WiFi Gratis dengan Aman dan Tips Pakai Hotspot Publik

Cara Akses WiFi Gratis dengan Aman dan Tips Pakai Hotspot Publik

 

Cara Akses WiFi Gratis dengan Aman dan Tips Pakai Hotspot Publik

Cara Akses WiFi Gratis dengan Aman dan Tips Pakai Hotspot Publik

Pernahkah Anda kesulitan mencari koneksi WiFi gratis ketika sedang berpergian ke luar kota atau negara lain? Jika iya, hal ini mungkin bisa menjadi sangat merepotkan.

Tapi tenang, karena kini ada beberapa aplikasi yang dirancang untuk menemukan jaringan WiFi gratis agar Anda bisa tetap berselancar online di mana saja.

Dengan aplikasi ini memungkinkan siapa saja secara legal untuk mencari dan menemukan jutaan koneksi WiFi gratis yang tidak terkunci atau tidak memerlukan kata sandi.

Berikut ini adalah daftar aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk memindai jaringan WiFi gratis di perangkat smartphone sebagaimana dirangkum Tirto.

1. Wifi Map

WiFi Map adalah salah satu aplikasi terpopuler, menampilkan 100 juta hotspot WiFi di basis data globalnya. Aplikasi ini tersedia secara gratis dan dapat diunduh di perangkat iOS dan Android.

Aplikasi ini dilengkapi dengan sejumlah fitur menarik seperti navigasi peta, tips, kata sandi, dan dukungan pelanggan.

2. Instabridge

Aplikasi Instabridge menawarkan pengalaman yang agak mirip seperti aplikasi WiFi. Misalnya, aplikasi ini membuat dan meningkatkan daftar koneksi WiFi melalui kekuatan crowdsourcing.

Perusahaan mengklaim memiliki lebih dari satu juta kata sandi WiFi dan hotspot terkini yang tersedia untuk perangkat Anda.

Aplikasi gratis ini memungkinkan setiap individu, kedai kopi, hotel, dan lainnya yang berpartisipasi untuk memberikan Anda peta dan satu platform tunggal untuk menemukan dan terhubung ke salah satu hotspot yang tersedia.

3. Free Zone

Free Zone adalah aplikasi di perangkat Android yang dapat secara otomatis menemukan hotspot mana yang benar-benar berfungsi di sekitar Anda.

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan akses ke kata sandi WiFi yang dibagikan oleh orang lain untuk mengakses hotspot di tempat-tempat tertentu.

Selain itu, Free Zone juga akan secara otomatis memberi tahu jika Anda berada di dekat salah satu dari 5 juta hotspot yang tersedia di basis data miliknya.

Satu hal yang perlu diingat adalah banyak jaringan WiFi gratis memerlukan pendaftaran

untuk bisa mengaksesnya. Biasanya mereka akan meminta Anda untuk memasukkan nama, umur, alamat email, dan bahkan nomor telepon.

Kadang kala, banyak penyedia layanan ini menyalahgunakan identitas Anda untuk dijual kapada pihak lain. Sudah bukan rahasia lagi kalau WiFi publik tak selalu aman, bahkan berpotensi diretas oleh pihak lain yang ingin mendapatkan informasi data penggunanya.

Oleh karena itu, jika ingin menggunakan WiFi publik yang bisa diakses secara gratis di tempat-tempat umum, ada baiknya untuk selalu waspada.

Berikut ini ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menjaga diri ketika berselancar dengan WiFi publik.

Periksa HTTPS di bilah pencarian untuk memastikan situs web yang Anda gunakan aman. Biasanya disertai dengan simbol gembok yang terkunci dan kata “Aman” di sebelah kiri HTTPS

Jangan terlalu membuka diri mengenai identitas Anda

Pastikan Anda memasang aplikasi antivirus terbaik di perangkat Anda

Jika ingin menggunakan aplikasi VPN, pilih yang menawarkan enkripsi terbaik untuk memastikan Anda terlindungi sepenuhnya

Baca Juga: