Mengenal Jenis-Jenis Tinta Printer dan Fungsinya

Mengenal Jenis-Jenis Tinta Printer dan Fungsinya

Mengenal Jenis-Jenis Macam Tinta Printer dan Kegunaanya – Salah satu bagian penting saat Anda membeli printer adalah tinta printer. Jelas saja, jika kita tidak membeli atau memiliki tinta printer, kita tidak mungkin bisa mencetak dokumen dengan sempurna. Pinter adalah perangkat keras atau hardware yang digunakan untuk mencetak dokumen dan gambar. Dokumen tersebut bisa berupa tullisan, diagram, tabel atau gambar.

Agar dokumen yang dicetak tersebut bisa terbaca maka dibutuhkan tinta printer. Disinilah kita tau betapa pentingnya tinta printer untuk mencetak dokumen ataupun gambar. Tinta printer yang dijual dipasaran cukup banyak. Anda bisa membeli tinta printer sesuai dengan fungsinya, harganya atau kualitasnya. Masing-masing tinta printer memiliki kelebihan dan kekurangan serta fungsi yang berbeda sesuai dengan jenisnya.

Jenis-Jenis Macam Tinta Printer
Baca Juga:

Mengenal Macam Jenis Tipe Kabel Jaringan dan Fungsinya
Mengenal Macam Jenis Antena Pemancar WiFi serta Fungsinya
Jenis Jaringan Komputer Beserta Penjelasan dan Fungsinya

Terdapat berbagai macam dan jenis tinta untuk mesin printer mulai dari yang biasa, anti air atau yang lainnya. Dibawah ini merupakan jenis-jenis tinta printer yang bisa didapatkan dipasaran berdasarkan Jenis Formula dan Fungsinya:

Tinta Printer Pigment (Durabrite)

Tinta printer Durabrite disebut juga dengan tinta printer Pigment. Tinta ini adalah

jenis tinta berkualitas karena bisa mencetak dokumen dalam bentuk tulisan atau gambar dengan hasil yang sangat tajam. Tinta ini bersifat pekat dan tahan air karena dibuat dengan bahan air, Colorant Pigmentm, Diluent dan juga komponen lainnya yang membuat Durabrite menjadi tinta cetak yang berkualitas tinggi. Dengan menggunakan tinta Pigment ini maka hasil cetak yang Anda dapatkan tahan lama. Tinta ini bisa digunakan mencetak pada semua jenis kertas, namun gunakan tinta ini dalam waktu yang tepat. Jika Anda terlalu lama membiarkan tinta Pigment tidak terpakai maka head tinta cartridge bisa tersumbat oleh tinta ini.
Tinta Printer Dye Base

Tinta printer Dye Base merupakan tinta yang terbuat dari bahan air dan colourant.

Tinta ini bisa mengendap pada head cartridge, namun dengan harga yang terjangkay dan hasil cetak yang bagus, banyak orang yang menggunakannya. Tinta Dye Base banyak digunakan untuk jenis printer standard dengan hasil cetak yang cukup bagus dan warna yang lebih cerah. Namun hasil cetak dari tinta ini kurang pekat dan tidak tahan air jika dicetak di kertas biasa (HVS). Tinta ini juga mudah luntur dan warnanya gampang pudar jika terpapar panas / cahaya matahari.
Tinta Printer Solvent

Solvent merupakan jenis tinta printer yang sangat baik kualitasnya karena bisa tahan

air dan sinar matahari lebih lama dibandingkan dengan tinta lainnya. Tinta ini terbuat dari cat duco dan beberapa bahan berkualitas lainnya. Tinta Solvent sering digunakan untuk mencetak spanduk, banner, neonbox, billboard dan outdoor printing lainnya. Tinta ini memang sangat baik untuk outdoor printing karena tahan air dan sinar matahari tersebut. Tinta Solvent memiliki bau yang cukup menyengat dibandingkan dengan jenis tinta lainnya.

 

sumber :

https://zalala.co.id/drag-sim-apk/