Proses Perangkat Lunak & Metrik Proyek

Proses Perangkat Lunak & Metrik Proyek

Proses Perangkat Lunak & Metrik Proyek

Proses Perangkat Lunak & Metrik Proyek

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan proses perangkat lunak. Tetapi, satu-satunya cara yang paling rasional untuk meningkatkan proses adalah dengan mengukur atribut tertentu dari proses, mengembangkan serangkaian metrik yang berarti berdasarkan atibut-atribut tersebut, dan kemudian metrik itu untuk memberikan indikator yang akan membawa kepada sebuah strategi pengembangan.

pl1.gif

Dalam gambar diatas, proses berada ditengah-tengah sebuah segitiga yang menghubungkan tiga faktor yang sangat besar pengaruhnya terhadap kualitas perangkat lunak dan untuk kerja organisasional. Ketrampilan dan motivasi yang diperlihatkan manusia merupakan satu-satunya faktor yang paling berpengaruh pada kualitas dan untuk kerja tim. Teknologi yang menghuni proses juga berpengaruh. Segitiga proses yang berada dalam lingkaran yang menggambarkan kondisi lingkungan yang menyangkut lingkungan pengembangan, kondisi bisnis dan karakteristik pelanggan.

Mengukur realibilitas proyek perangkat lunak secara tidak langsung yaitu mengambl serangkaian metrik berdasarkan keluaran yang diambil oleh proses. Kelauaran menyangkut pengukuran kesalahan yang ditemukan sebelum pelepasan perangkat lunak, cacat yang disampaikan dan dilaprokan oleh pemakai akhir, produk kerja yang dikirim, usaha manusia yang dilakukan, waktu kalender yang digunakan, konfirmasi jadwal, serta pengukuran yang lain.

Metrik proses perangkat lunak dapat memberikan sumbangan yang berarti sebagai sesuatu kerja organisasi untuk meningkatkan keseluruhan level kematangan proses. Akan tetapi, seperti semua metrik, dapat digunkaan dengan salah, menimbulkan banyak masalah daripada yang mereka selesaikan. Pada saat organisasi menjadi lebih nyaman dengan kumpulan dan manfaat metrik proses, derivasi dari indikator sederhana memberikan suatu cara kepada suatu pendekatan yang lebih teliti yang disebut statistical software process improvement (SPPI). Pada dasarnya SPPI menggunakan analisis kegagalan perangkat lunak untuk mengumpulkan informasi seputar semua kesalahan dan cacat yng terjadi pada sebuah aplikasi, sistem , atau produk dikembangkan atau dipakai.

Baca Juga :