KEBUTUHAN VITAMIN C MANUSIA CUMA 75-90 MG KOK MINUM 1000 MG ITU BIAR APA?

Manusia dewasa di dalam kondisi sehat hanya butuh Vitamin C tak lebih berasal dari 100 mg per hari. Terus ngapain minum yang dosis tinggi?

Selain melalui buah dan sayur, suplemen Vitamin C kebanyakan dijual bebas di pasaran. Maklum suplemen vitamin ini sering diakui sebagai “obat” yang paling sedap rasanya (selain obat maag favorit mahasiswa kere). Dari yang bentuk tablet kayak permen bersama dengan rasa manis dan asem, hingga bentuk cairan kayak minuman soda.

Harganya yang tidak terlampau mahal dan mudah didapatkan, menyebabkan kami jadi miliki kebiasaan mempunyai Vitamin C di dalam bentuk suplemen ke mana-mana. Bahkan—harus diakui—minum Vitamin C di dalam bentuk suplemen jadi udah jadi type hidup kaum urban.

Biasanya, suplemen vitamin mempromosikan produknya punya kandungan hingga 1000 mg Vitamin C. Benar-benar bhs iklan yang menarik, sebab di dalam bayangan kami sebagai konsumen, seringkali kami menjadi bahwa Vitamin C yang banyak di tubuh kami bakal menyebabkan kami jadi lebih fit berasal dari sebelumnya.

Padahal, tahukan anda kalau tubuh manusia di dalam kondisi sehat memang tidak butuh hingga sebanyak itu? Lagian kalau mau dikonversikan, untuk mampu beroleh kandungan 1000 mg, anda harus makan sebanyak 18 buah jeruk. Buset, banyak banget kan?

Dosis 1000 mg ini terlampau banyak sebab pada dasarnya manusia hanya butuh 75-90 mg per hari. Yah, kira-kira hanya butuh 2 buah jeruk saja untuk pria atau perempuan dewasa. Sekarang bayangkan kalau kebutuhanmu memang hanya 2 buah, saat anda paksa tubuhmu mencerna 18 buah jeruk?

Apa saja yang berlebihan selalu punya pengaruh samping yang tidak baik, begitu pula kalau anda kelebihan Vitamin C. Meski lebih mudah larut bersama dengan air, pemenuhannya yang berlebihan jadi bakal mendatangkan kondisi-kondisi tubuh yang cukup berbahaya. Seperti jika problem pencernaan.

Seperti yang kami tahu, nyaris seluruh suplemen Vitamin C punya karakter asam. Padahal asam yang terlampau banyak justru bakal menganggu pencernaan. Dalam kondisi yang berlebihan, asam justru bakal menyebabkan sembelit, diare, mual, muntah, dan perut kembung. Nggak menarik banget kan kalau kena diare hanya sebab kami kebanyakan minum suplemen vitamin?

Selain menganggu usus, lambung juga mampu terkena efeknya sebab produktivitas asam lambung jadi meningkat. Tentu saja ini kabar yang tidak baik, terutama bikin penderita sakit maag akut. Bukannya jadi jadi sehat, maagmu jadi mampu kumat. Bahkan di dalam kondisi tertentu, kebanyakan suplemen mampu meningkatkan risiko batu ginjal segala lho.

Meski kasus-kasus semacam ini juga jarang terjadi, namun kurangi meminum suplemen vitamin dan menggantinya berasal dari bahan-bahan alami paham lebih direkomendasikan. Tapi ya nggak hingga makan 18 buah jeruk juga sih. Memangnya anda codot?

Sumber : https://penjaskes.co.id/

Baca Juga :