Definisi Penduduk, Masyarakat, dan Kebudayaan

Definisi Penduduk, Masyarakat, dan Kebudayaan

Definisi Penduduk, Masyarakat, dan Kebudayaan

Definisi Penduduk, Masyarakat, dan Kebudayaan

  Penduduk adalah orang-orang yang mendiami suatu wilayah tertentu, dan menetap dalam suatu wilayah, tumbuh dan berkembang dalam wilayah tertentu pula.

  • Masyarakat adalah suatu kehidupan sosial manusia yang menempati wilayah tertentu, yang keteraturannya dalam kehidupan sosialnya telah dimungkinkan karena memiliki pranata sosial yang telah menjadi tradisi dan mengatur kehidupannya.
  • Kebudayaan adalah hasil budi daya manusia, ada yang mendefinisikan sebagai semua hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat.

Jadi, pada hakikatnya  penduduk, masyarakat, dan kebudayaan adalah suatu konsep dasar yang mempunyai suatu hubungan keterkaitan.

Kata demografi berasal dari bahasa Yunani, yang terdiri dari kata “demos” yang artinya rakyat/penduduk, dan “grafein” yang artinya menulis. Demografi adalah ilmu yang mempelajari secara statistik dan matematik tentang besar, komposisi dan distribusi penduduk dan perubahan-perubahannya sepanjang masa melalui bekerjanya lima komponen demografi yaitu kelahiran (fertilitas), kematian (mortalitas), perkawinan, migrasi, dan mobilitas sosial. Faktor utama demografi yang mempengaruhi pertambahan penduduk adalah : Jumlah Penduduk dan Komposisi Penduduk.

*Rumus Kematian:

  1. Rumus Tingkat Kematian Kasar adalah angka yang menunjukkan jumlah kematian setiap 1000 penduduk per tahun.

                        D

CDR =  — x k

                                P

  1. Rumus Tingkat Kematian Khusus adalah angka yang menunjukkan banyaknya kematian dari 1000 penduduk usia tertentu dalam waktu setahun. 
                                   Dx

ASDR =  — x k

                                Px

Migrasi adalah perpindahan penduduk dari satu tempat ke tempat lain didalam negeri maupun dari suatu negara ke negara lain untuk menetap, baik secara perorangan, kaluarga maupun kelompok. Migrasi penduduk baik internal atau nasional maupun eksternal atau internasional masing-masing memiliki dampak positif dan negatif terhadap daerah asal maupun daerah tujuan.

Sumber :https://indianapoliscoltsjerseyspop.com/