20 Ciri Orang Kreatif

Mitchell Ditkoff, Direktur dari Idea Champions, mengetengahkan tentang mutu dari seorang inovator, dengan tanda-tanda sebagai berikut:
1. CHALLENGES STATUS QUO;
Tidak merasa cepat senang dengan keadaan yang ada dan selamanya mempertanyakan otoritas dan tradisi serta mengkonfrontasikan asumsi-asumsi yang ada.

2. CURIOUS

Senantiasa mengeksplorasi lingkungannya dan menginvestigasi kemungkinan-kemungkinan baru, punyai rasa kekaguman (sense of awe)

3. SELF-MOTIVATED;
Tanggap terhadap kebutuhan dari di dalam (inner needs) selamanya secara pro aktif memprakarsai proyek-proyek baru, menjunjung tiap tiap usaha.

4. VISIONARY;
Memiliki imaginasi yang tinggi dan punyai pandangan yang jauh ke depan.

5. ENTERTAINS THE FANTASTIC
Memunculkan ide-ide “gila”, menyaksikan suatu hal yang tidak bisa saja jadi sebuah kemungkinan, memimpikan dan menghayalkan suatu hal yang besar-besar.

6. TAKES RISKS
Melampaui wilayah yang diakui menyenangkan, berani coba dan menjamin kegagalan.

7. PERIPATETIC
Merubah lingkungan kerja cocok yang dibutuhkan, senang lakukan perjalanan (travelling) untuk beroleh ide atau kesimpulan segar.

8. PLAYFUL/ HUMOROUS
Memliki ketertarikan terhadap hal-hal yang aneh dan mengagumkan, berani tampil beda, bertindak nekad, serta ringan dan sering tertawa layaknya seorang anak kecil.

9. SELF-ACCEPTING;
Mampu menjaga ide-idenya dan menganggap “kesempurnaan sebagai musuh kebaikan”, tidak terikat dengan apa-apa yang diipandang baik menurut orang lain.

10. FLEXIBLE/ADAPTIVE
Terbuka bagi tiap tiap perubahan, sanggup lakukan penyesuaian terhadap rencana-rencana yang udah dibuat, menyajikan beraneka solusi dan gagasan

11. MAKES NEW CONNECTIONS
Mampu menyaksikan hubungan-hubungan diantara unsur-unsur yang terputus, mensintesakan dan mengkombinasikannya.

12. REFLECTIVE
Menginkubasi tiap tiap kasus dan tantangan, mencari dan merenungkan beraneka pertimbangan di dalam mengambil alih keputusan.

13. RECOGNIZES (AND RE-COGNIZES) PATTERNS
Perseptif terhadap suatu hal dan sanggup membedakannnya, sanggup menyaksikan kecenderungan dan prinsip serta sanggup mengorganisasikannnya, sanggup menyaksikan ”the Big Picture.”

14. TOLERATES AMBIGUITY
Merasa nyaman di dalam keadaan kacau (chaos), sanggup menyajikan keadaan paradoks, tidak tergesa-gesa membenarkan terhadap suatu ide yang muncul.

15. COMMITTED TO LEARNING
Berusaha mencari pengetahuan secara konsisten menerus, mensintesakan segala in put, menyeimbangkan tiap tiap informasi yang terkumpul dan menyelaraskan tiap tiap tindakan.

16. BALANCES INTUITION AND ANALYSIS
Memilih dan memilah diantara kesimpulan divergen dan kesimpulan konvergen, punyai intuisi tertentu sebelum lakukan analisis, sangat percaya apa yang udah dianalisis dan menggunakannya secara hati-hati dengan memanfaatkan akal.

17. SITUATIONALLY COLLABORATIVE
Berusaha menyeimbangkan kesimpulan dari tiap tiap individu, mengakses pelatihan dan mencari pertolongan organisasi.

18. FORMALLY ARTICULATE
Mengkomunikasikan tiap tiap ide secara efektif, menterjemahkan konsep abstrak ke di dalam bhs penuh arti, menciptakan prototype atau type yang diakui paling mudah

Artikel lainnya : motivation letter

19. RESILIENT
Merefleksi hal-hal diakui mengecewakan atau yang tidak dinginkan, belajar dengan cepat dari umpan balik, berkemauan untuk coba dan konsisten coba lagi

20. PERSEVERING
Bekerja keras dan tekun, memperjuangkan gagasan-gagasan baru dengan gigih, punyai prinsip terhadap hasil-hasil yang udah digariskan.

Baca Juga :