ITS Bersama Alumni Bahas Persiapan Pemindahan Ibu Kota

ITS Bersama Alumni Bahas Persiapan Pemindahan Ibu Kota

ITS Bersama Alumni Bahas Persiapan Pemindahan Ibu Kota

ITS Bersama Alumni Bahas Persiapan Pemindahan Ibu Kota

Adanya rencana pemindahan ibu kota negara Indonesia, memancing respon dari

sejumlah kalangan untuk memberikan sumbangsih pemikiran. Seperti yang dilakukan oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Alumni Teknik Sipil ITS (ALSITS). Mereka menggelar Seminar Diseminasi dalam Persiapan Pembangunan Ibu Kota Negara di Gedung Research Center ITS, Senin (30/9/2019).

Ada tiga topik utama yang dibahas, yakni latar belakang, tahap penentuan lokasi,

konsep, dan peran ITS dalam pemindahan dan pembangunan ibu kota baru Indonesia. Forum diskusi ini diisi oleh empat pembicara utama, masing-masing adalah Direktur Jenderal (Dirjen) Cipta Karya Dr Ir Danis Hidayat Sumadilaga MEng Sc, Dirjen Tata Ruang Dr Ir Abdul Kamarzuki MPM, Deputi Kepala Bappenas Bidang Pengembangan Regional Ir Rudy Soeprihadi Prawiradinata MCRP PhD, dan Guru Besar ITS Prof Ir Joni Hermana MScES PhD.

Dengan adanya seminar ini, Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng berharap

para mahasiswa dan alumni ITS dapat mengetahui peran masing-masing individu dan instansi dalam persiapan pembangunan dan pemindahan ibu kota negara. “Pindah tanggal saja ributnya tidak karuan, apalagi pindah ibu kota negara,” ucap rektor yang biasa disapa Ashari ini dalam pidato pembukanya yang disambut tawa para hadirin.

Pemindahan ibu kota yang merupakan proyek terbesar ini, menurut Ashari, harus disambut dengan berbagai kajian mendalam yang harus sesuai dengan kondisi masa kini. “Termasuk kajian tentang teknologi, sebab sekarang trend-nya adalah Revolusi Industri 4.0,” papar guru besar Teknik Elektro ITS ini.

 

Baca Juga :