Permainan Edukatif untuk Anak

Memang, dengan pertumbuhan dunia digital yang semakin pesat, Anda dapat langsung mengunduh sekian banyak permainan secara cuma-cuma dari ponsel pintar. Namun, supaya si kecil terhindar dari kejangkitan ponsel, usahakan pakai permainan peraga saja. Ada tidak sedikit jenis permainan peraga edukatif yang dapat Anda dapatkan di toko mainan, laksana berikut ini:

Kotak Alfabet

Permainan ini berupa rangkaian huruf huruf yang seringkali terbuat dari kayu. Umumnya, permainan ini pun dilengkapi dengan barisan angka dari 0 sampai 9. Melalui permainan edukatif ini, Anda dapat membantu buah hati dalam mengenal huruf dan menolong mereka merangkai kata demi kata. Kotak alfabet paling direkomendasikan sebagai media anak belajar membaca.

Balok Kayu Susun.

Berikutnya, terdapat permainan balok kayu susun. Hampir sama laksana kotak alfabet, permainan ini pun terbuat dari kayu. Bedanya terdapat pada bentuknya yang beragam, mulai dari persegi, balok, sampai lingkaran. Bagi menambah pesona anak, seringkali potongan kayu ini diberi gambar, seperti contohnya gambar genting untuk format segitiga. Melalui permainan ini, Anda dapat mengajari si kecil mengenal sekian banyak macam format sekaligus menyusunnya.

Bongkar Pasang (Puzzle)

Puzzle menjadi di antara permainan edukatif yang sangat disukai anak-anak. Biasanya, permainan satu ini muncul dalam format bongkar pasang atau maze. Permainan ini paling bagus untuk pertumbuhan motorik dan sensorik si kecil. Mereka akan merangkai kembali potongan-potongan gambar menjadi satu format yang utuh. Permainan bongkar pasang mempunyai tingkat kendala yang beragam. Oleh sebab itu, mulailah dengan puzzle berukuran kecil dengan potongan yang lumayan besar supaya anak tidak kendala menyusunnya.

Gunting Tempel

Memasuki umur 2 sampai 6 tahun, si kecil tentu mempunyai ketertarikan yang tinggi akan seluruh benda yang terdapat di sekelilingnya. Anda dapat memanfaatkannya dengan menyuruh mereka bermain gunting tempel. Anda dapat menggambar bentuk-bentuk sederhana, seperti contohnya buah-buahan. Ajak mereka menggunting format tersebut dan rekatkan pada kertas kosong dengan format yang sama. kita juga dapat menyebutkan nama gambar dan mengajari si kecil membacanya.

Lego

Konsep permainan Lego nyaris sama laksana balok kayu susun. Bisa dikatakan, Lego ialah bentuk canggih dari permainan balok kayu tersebut. Bentuk-bentuk dari lego jelas lebih beragam, sampai-sampai si kecil dapat lebih bebas menyusunnya cocok dengan kemauan mereka. Meskipun harganya terbilang lumayan mahal, permainan edukatif ini masih saja diminati. Tidak melulu anak-anak, remaja dan bahkan orang dewasa juga menggandrungi permainan ini.

Sumber : http://www.go-green.ae/int_ads.php?sid=https://www.pelajaran.co.id