Menang di London, Upi Mendunia

Menang di London, Upi Mendunia

Menang di London, Upi Mendunia

Menang di London, Upi Mendunia

BANDUNG – Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) mendapatkan kado terindah pada Lebaran kali ini. Sebab, Tim Bumi Siliwangi Universitas Pendidikan Indonesia menjadi juara Driver’s World Championship 2016 di London, Inggris, Minggu lalu (3/7).

Wakil Rektor UPI Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Asep Kadarohman mengatakan, kemenangan tersebut dianggap sebagai kemanangan lahir sekaligus kemenangan spiritual. Bahkan pihaknya merasa sangat bangga atas prestasi gemilang ini.

Pihaknya berencana memberikan apresisasi yang setinggi-tingginya kepada tim yang dipimpin manajer Amin Sobirin. ”Selain memberikan beasiswa, kita akan memberikan hadiah sesuai dengan prestasi mereka yang gemilang. Bentuknya, kita bicarakan pada rektor,” papar Asep, kemarin (10/7).

Mampu meraih juara di Shell Eco-Marathon Asia 2016 di Rizal Park Manila, Filipina,

kata dia, sudah luar biasa. Apalagi kini Tim Bumi Siliwangi mengharumkan UPI sekaligus mengharumkan nama besar Indonesia di mata internasional.

Di tempat terpisah, Rektor UPI Furqon, mengaku sangat gembira atas kemenangan ini. Dia juga apresiasi yang setinggi-tingginya pada Amin Sobirin sebagai manajer tim.

”Ini prestasi luar biasa. Mereka telah berjuang sejak di tanah air saat bekerja keras di Malang, Jawa Timur. Mereka juga bekerja keras memenangi kompetisi Asia saat berlaga di Filipina, dan akhirnya di ajang dunia yang diselenggarakan di London,” jelasnya.

Diakui olehnya, semua dilakukan melalui berbagai tahapan yang sangat berat. Berbicara prestasi dan pengalaman dalam bidang pembuatan kendaraan hemat energi UPI sudah dua kali mengikuti lomba Shell Eco Asia yang mampu meraih posisi 8 di 2012 dan posisi 6 di 2015.

Dia menjelaskan, untuk even skala nasional yaitu Indonesia Energi Marathon

Challenge (IEMC) tim Bumi Siliwangi pernah menyabet sebagai the best team dan runner up pada 2013 dan peringkat 3 Prototype Ethanol 2014.

Prestasi yang sudah banyak ditorehkan tim Bumi Siliwangi ini tidak lepas dari dukungan penuh semua pihak khususnya UPI Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Departemen Pendidikan Teknik Mesin, dan Alummni Teknik Mesin.

Sementara itu, Manager Tim Bumi Siliwangi Amin Sobirin mengaku, mengikuti big event Shell Eco-Marathon Drivers World Championship ini merupakan tantangan besar. Sebab, Shell Eco-Marathon Drivers World Championship ini merupakan ajang persaingan antar penjuru negara Asia, Amerika dan Eropa.

Maka, karakteristik kendaraan yang dirancang pada even ini harus hemat dan cepat.

Tim Bumi Siliwangi merupakan bagian dari Unit Kegiatan Mahasiswa Komunitas Mahasiswa Penggemar Teknologi Otomotif (UKM Kompetitif), terdiri dari delapan mahasiswa dan dua pembimbing, yaitu Sriyono dan Ridwan Adam Muhamad Noor.

 

Sumber :

https://blog-fiesta.com/teks-prosedur/