Kemendikbud Adakan Pemilihan Guru Berprestasi Tingkat Nasional

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melangsungkan pemilihan guru dan tenaga kependidikan berprestasi dan berdedikasi tingkat nasional tahun 2019. Kegiatan ini ditujukan sebagai format apresiasi untuk guru yang telah mempunyai prestasi dan dedikasi gemilang di sekolahnya.

Dirjen Guru dan Tenaga Pendidikan Kemendikbud, Supriano mengatakan, pekerjaan kali ini mengusung tema Guru dan Tenaga Kependidikan sebagai Agen Transformasi Penguatan SDM. Hal ini sejalan dengan visi dan tujuan pemerintah dalam mengembangkan SDM yang unggul.

“Ini unsur dari program untuk menyerahkan apresiasi untuk guru yang telah mengerjakan inovasi dan kreativitas eksklusif dan tenaga pendidikan,” kata Supriano di Hotel Mercure, Jakarta, Selasa (13/8/2019).

Berdasarkan keterangan dari Supriano, pada event kali ini sejumlah 908 orang guru dan tenaga kependidikan dari 34 provinsi ikut ambil bagian. Para peserta terdiri dari bagian guru, kepala sekolah, pengawas sekolah, dan tenaga kependidikan yang adalah hasil seleksi berjenjang dari tingkat kabupaten, kota, provinsi, sampai nasional.

Dia melanjutkan, dalam segi evaluasi tidak hanya konsentrasi pada kompetensi teknis dan akademis. Ada tiga kompetensi lain yakni sosial, profesionalitas, dan wawasan kependidikan. Uji keterampilan tersebut tidak hanya dilaksanakan melalui tes tertulis saja, namun peserta pun diminta menciptakan video aktivitasnya selama melatih di sekolah guna diunggah secara daring.

Supriano menuturkan, pemerintah pun telah menyerahkan apresiasi untuk guru dan tenaga kependidikan terbaik guna belajar terbit negeri. Sejak 2015-2018 ada sejumlah 1.200 guru yang telah dikirim ke luar negeri.

Tak tersebut saja, apresiasi juga diserahkan dalam format uang mulai dari Rp10-20 juta.”Dikirimnya semua guru terbaik ke luar negeri ialah suatu program pemerintah dalam bertambah kompetensi semua guru dan tenaga pendidikan,” ucapnya.

Sumber : https://re.wikiwiki.jp/?https://www.pelajaran.co.id