Tahun Ketiga UNBK Pada SMKN 7 Ambon

Tahun Ketiga UNBK Pada SMKN 7 Ambon

Tahun Ketiga UNBK Pada SMKN 7 Ambon

Tahun Ketiga UNBK Pada SMKN 7 Ambon

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang dilaksanakan oleh SMK Negeri 7 Ambon tahun 2018 ini merupakan tahun ketiga. Dari tahun ke tahun selalu dilakukan evaluasi baik secara teknis maupun kesiapan siswa dan guru dalam proses pelaksanaan UNBK.

Hasil evaluasi UNBK tahun 2017 lalu dari empat mata pelajaran (Mapel) yang diujiankan yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Kompetensi Kejuruan Tertulis (Teori), dengan hasil passing great nilai tertinggi pada Mapel Bahasa Indonesia dan terendah Mapel Matematika.

Dari empat Mapel tersebut apakah nilai tertinggi maupun terendah selalu menjadi

bahan evaluasi dalam setiap kegiatan penguatan materi untuk UNBK tahun berikutnya,”kata Kepala SMK Negeri 7 Ambon Drs. Saiful, MM.Pd di Ambon, Jumat (23/3/2018).

Menurut Saiful, pihaknya tidak bisa terlalu berharap bahwa UNBK tahun 2018 ini hasilnya sama atau mungkin lebih dari tahun lalu, karena kemampuan siswa bereda-beda dari tahun-ke tahun.

Namun yang terpenting adalah, harus ada acuan sebagi dasar bahwa standar

kompetensi mana yang dianggap mudah dan tersulit dijawab oleh siswa.

Dikatakan, yang tersulit biasanya menjadi acuan guru dalam memberikan penguatan materi atau pemantapan agar sebanyak mungkin dilakukan latihan-latihan kepada siswa, begitu pun nilai yang terendah analisanya hampir sama.

Sebagai pimpinan sekolah, Saiful selalu mengevaluasi sampai sejauh mana guru Mapel mampu menterjemahkan kisi-kisi soal kepada siswa, sehingga memberikan gambaran bagi siswa untuk menjawab soal-soal UN.

Semakin kreatif dan inovatif seorang guru dalam menjabarkan kisi-kisi soal, tentu

akan semakin mudah bagi siswa untuk dapat menjawabnya.

“Karena guru lebih tahu kemana arah standar kompetensi dan kompetensi dasar (SKKD) yang digambarkan dalam kisi-kisi tersebut,”katanya.(TM02)

 

Sumber :

https://chicagobearsjerseyspop.com/sejarah-gedung-sate/