Peluang Kerja untuk Mahasiswa Jurusan Multimedia

Mengikuti perkembangan teknologi, media pun kini hadir dalam berbagai bentuk. Mulai dari media cetak hingga media digital, semua jenis media bisa dimanfaatkan oleh perusahaan untuk melakukan pemasaran. Beragam jenis media inilah yang menjadikan peluang kerja jurusan multimedia terbuka lebar.

Prospek Kerja Jurusan Multimedia
Web Designer
Posisi ini membutuhkan gabungan kemampuan desain & programming. Desain digunakan untuk membuat layout website dan kemampuan programming berguna untuk meng-coding website. Web designer juga bertanggung jawab untuk memperbarui konten dan desain website apabila dibutuhkan. Ingin bekerja sebagai web designer? Kamu bisa bergabung dengan perusahaan startup yang berkaitan erat dengan teknologi.

Graphic Designer
Graphic designer atau desainer grafis bertanggung jawab membuat desain untuk keperluan publikasi di media cetak, website, poster, kemasan produk, serta membuat identitas visual untuk keperluan branding perusahaan. Alur kerja biasanya dimulai dari brief yang diberikan oleh klien, creative director, atau account manager, dan desainer grafis akan mengembangkan konsep kreatif sesuai brief dan tujuan yang sudah diberikan. Selain tantangan untuk bisa melahirkan ide-ide kreatif, desainer grafis juga dituntut untuk bisa bekerja dengan cepat dengan deadline yang ketat.

Hampir setiap jenis perusahaan membutuhkan seorang desainer grafis, karena itu peluang kerjanya bisa dibilang cukup terbuka lebar. Kamu yang berminat menjadi desainer grafis bisa bekerja di agency untuk menangani klien, ataupun bekerja di perusahaan klien itu sendiri sebagai in-house graphic designer. Dalam tim, desainer grafis juga diharuskan untuk bekerja dengan copywriter, fotografer, ataupun staf account.

Animator/Illustrator
Kedua pekerjaan ini sama-sama membutuhkan daya imajinasi yang tinggi. Illustrator menggabungkan seni, desain, dan kreativitas untuk menghasilkan gambar visual orisinil untuk berbagai produk dan media. Biasanya, setiap illustrator memiliki ciri khas dan gayanya sendiri yang membedakan karya mereka dari illustrator lain.

Lain lagi dengan animator. Pekerjaan ini melibatkan seni membuat gambar bergerak atau animasi dalam bentuk 2 dimensi (2D) ataupun 3 dimensi (3D).Karya para animator bisa digunakan untuk film, iklan, video, website, games, dan banyak media lainnya.

Interactive Media Designer
Interactive media designer bertanggung jawab untuk membuat desain interaktif yang melibatkan teks, data, grafis, suara, animasi, dan efek visual lainnya. Pekerjaan ini dibutuhkan untuk membuat website, games, materi pembelajaran online, dan lainnya. Peran ini biasanya mirip dengan software developer, sehingga tak jarang juga mereka dibutuhkan untuk membuat produk dengan mengkoding dan mengetes keseluruhan fungsi produk yang dibuat.

Game Modeler/Designer
Passion dengan game bisa disalurkan menjadi pilihan karier, salah satunya yaitu dengan menekuni pekerjaan sebagai game modeler atau game designer. Posisi ini mencakup berbagai lingkup pekerjaan, seperti aturan, latar, alur cerita, karakter, properti, dan cara bermain game. Di Indonesia, ada lho beberapa universitas yang menawarkan jurusan dan peminatan gaming. Beberapa di antaranya yaitu Universitas Bina Nusantara (BINUS), Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dan Politeknik Elektro Negeri Surabaya (PENS).

Selain peluang kerja yang luas, perusahaan yang bisa dijadikan tempat kerja pun tidak kalah variatif. Lulusan multimedia bisa bekerja di berbagai industri dan jenis perusahaan, agensi hingga startup.

Baca Juga: