Anak Sulung Kesayangan Orangtua, Benarkah?

Dalam keluarga, pertengkaran antar saudara adalah hal yang lumrah terjadi. Tidak hanya itu, seringkali terjadi rasa iri akan perlakuan yang berbeda dari orang tua.

Anak-anak kerap menilai orang tua memiliki anak “kesayangan.”

Di sisi lain, orang tua selalu mengatakan tidak pernah membedakan anak-anak dan tak ada yang mendapat perlakuan lebih.

Tapi, sebuah studi yang dilakukan University of California berkata lain. Penelitian itu menyebutkan dari 768 orang tua yang di survei, 70 persen ibu dan 74 persen ayah, mengaku memiliki anak yang lebih disukai.

Studi tersebut mempelajari 384 keluarga yang minimal memiliki dua anak, dengan jarak usia minimal empat tahun satu sama lain.

Hasil penelitian menunjukkan, orang tua tidak menentukan anak yang mana menjadi favorit mereka, tetapi mereka menyebut anak yang lebih tua biasanya lebih disukai.

Semua anak dalam penelitian ini pun turut ditanya apakah mereka merasa orang tua memperlakukan mereka secara berbeda, dan apakah ini mempengaruhi penghargaan diri mereka.

Anak yang lebih muda dilaporkan memiliki penghargaan diri lebih rendah, karena orang tua mereka lebih menyukai anak yang lahir lebih dulu. Mereka juga menyebut saudara kandungnya yang lebih tua, umumnya menerima perlakuan khusus.

“Hipotesis kerja kami adalah bahwa anak-anak yang lahir lebih dulu akan dipengaruhi dengan persepsi adanya perlakuan yang berbeda, karena status mereka sebagai yang lebih tua, dianggap lebih kuat dari sisi usia dan ukuran, dan lebih banyak waktu dengan orang tua, dalam keluarga,” kata Katherine Conger, Professor of Human Development and Family Studies di University of California, seperti dilansir dari Independent.

Conger menambahkan, dia terkejut dengan hasil penelitian. “Persepsi yang beredar di masyarakat, anak yang lebih tua sering merasa punya tanggung jawab lebih dan melihat anak yang lebih muda justru lebih dimanja,” imbuh Conger.

Selain itu, studi tersebut juga melihat hubungan antara saudara kandung. Mereka yang punya banyak adik, umumnya bertubuh kurus dan anak-anak yang lebih muda seringkali menganggap kakak mereka lebih cerdas. Sumber : www.pelajaran.co.id/