Wali Kota Jayapura Lounching SIMAS

Wali Kota Jayapura Lounching SIMAS

Wali Kota Jayapura Lounching SIMAS

Wali Kota Jayapura Lounching SIMAS

Wali Kota Jayapura DR. Benhur Tomi Mano, MM secara resmi melaunching SIMAS (SISTEM INFORMASI MANAJEMEN ADMINISTRASI SEKOLAH) di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 4 Jayapura.

Penerapan aplikasi berbasis digital ini merupakan kerja sama Telkomsel dengan SMAN 4 Jayapura, dimana aplikasi ini merupakan inisiasi SMAN 4 Jayapura yang dikembangkan oleh Telkomsel.

Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano dalam sambutannya mengatakan, Kota Jayapura merupakan kota kedua setelah Yogyakarta yang berbasis IT, dan juga masuk dalam kelompok 6 kota besar di Indonesia dengan level Kota cerdas Menuju Kota modern.

“Jadi Kota Jayapura sudah menggunakan sistem IT baik di lingkup Pemerintah kota, di dinas pendidikan dan juga kesehatan,” katanya.

Ia juga mengatakan salah satu program pemerintah Kota Jayapura adalah Kota Jayapura menuju Kota moderen.

Selain itu juga menjadi kota yang aman, bersih dan hijau dengan mengacu pada visi misi Pemkot mewujudkan Kota Jayapura yang Beriman, Maju, Mandiri, Modern Berbasis Kearifan Lokal.

“Kota Jayapura salah satu kota Smart City di Indonesia. Program saya Kota Jayapura menjadi Kota modern,” ungkapnya.
Baca juga : Demi Ulangi Kesuksesan Tahun Lalu, Telkom Papua Utamakan Kabel Optik Papua

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang teknologi, informasi dan komunikasi,

Telkomsel menaruh banyak perhatian pada perkembangan ekosistem digital di Indonesia. Oleh karena itu, Telkomsel menghadirkan program-program Corporate Social Responsibility (CSR) yang juga dapat mendukung dan melengkapi ekosistem digital yang sedang dibangun.

Salah satunya adalah melalui implementasi aplikasi SIMAS (SISTEM INFORMASI MANAJEMEN ADMINISTRASI SEKOLAH) di SMAN 4 Jayapura. Penerapan aplikasi berbasis digital ini merupakan kerjasama Telkomsel dengan SMAN 4 Jayapura, dimana aplikasi ini merupakan inisiasi SMAN 4 Jayapura yang dikembangkan oleh Telkomsel.

General Manager Sales Telkomsel Regional Papua Maluku – Ismu Widodo mengungkapkan, pengembangan aplikasi SIMAS ini adalah salah satu bentuk CSR Telkomsel dalam mendukung terwujudnya Jayapura sebagai Smart City. Sebagai operator seluler terdepan di Tanah Air, kami memiliki tanggung jawab untuk memajukan Papua melalui teknologi informasi dan komunikasi. Salah satunya dengan pemanfaatan teknologi tepat guna yang dapat mengatasi masalah monitoring proses belajar mengajar dan administrasi di sekolah sehingga mempermudah aktivitas di lingkungan sekolah.
Baca juga : Di PLBN Skouw, Bawa Sabu Di Sepatu, 2 Orang Ditangkap

Aplikasi SIMAS dapat diakses melalui website www.simaspuma.com dan diunduh

melalui PlayStore Android (gratis) dengan nama aplikasi Simas Parent (untuk orang tua) dan Simas Absen (untuk murid). Aplikasi ini dapat memaintenance seluruh kegiatan belajar dan administrasi secara online di SMAN 4 Jayapura.

Terdapat 5 fitur pada aplikasi ini yakni; Absensi TCASH, Materi dan Bahan Pelajaran Online, Quiz Ujian Online, Administrasi Sekolah Online, Forum Diskusi Guru dan Orang Tua.

Melalui Absensi TCASH pihak sekolah dan orang tua akan lebih mudah

memonitoring kegiatan para murid dan anak-anak mereka. Setiap melakukan absensi menggunakan TCASH, kehadiran siswa akan langsung terekam di sistem dan orang tua akan mendapatakan notifikasi bahwa anak mereka sudah tiba di sekolah.

Launching Aplikasi SIMAS di SMAN 4 Jayapura merupakan penerapan Ecosystem digital TCASH pertama di wilayah kerja Telkomsel Area PAMASUKA (Papua, Maluku, Sulawesi dan Kalimantan) khusunya di Regional Papua & Maluku. Setelah ecosystem ini berhasil diterapkan di SMAN 4 Jayapura, selanjutnya akan diterapkan di sekolah lainnya di Jayapura.

 

Sumber :

https://41914110003.blog.mercubuana.ac.id/sejarah-bandung-jawa-barat/