Film Extraordinary Measures

Film Extraordinary Measures

Film Extraordinary Measures

Film Extraordinary Measures

Film Extraordinary Measures bercerita

Mengenai pasangan Crowley yang memiliki tiga orang anak dan dua diantaranya merupakan penderita penyakit Pompe. Penyakit Pompe menyebabkan kedua anak tersebut tidak dapat bergerak dengan bebas oleh karena lisosom yang ada di dalam tubuh kedua anak tersebut tidak dapat mencerna gula sehingga terjadi penumpukan gula dalam otot dan otot dari kedua anak tersebut menjadi lemah dan lumpuh. Selain itu, penderita penyakit Pompe juga memiliki gangguan pada pernafasan mereka dan penderita penyakit ini hanya dapat bertahan selama sembilan tahun.

 

Oleh karena John Crowley tidak ingin kehilangan kedua anaknya

Dia kemudian membaca banyak jurnal-jurnal ataupun artikel mengenai penyakit Pompe sampai akhirnya dia membaca sebuah artikel yang dibuat oleh Robert Stonehill mengenai teori cara penanganan penyakit Pompe menggunakanEnzyme Replacement Therapy. John Crowley kemudian menghubungi Robert Stonehill untuk meminta bantuannya menolong kedua anaknya. Akan tetapi dr. Stonehill sangat sulit untuk dihubungi sampai akhirnya John Crowley menemuinya secara pribadi dan membantu dalam mencari pendanaan untuk mengembangkan obat yang mungkin dapat digunakan untuk membantu kedua anaknya.

 

Dr. Robert Stonehill dan John Crowley kemudian

Memulai kerjasama diantara keduanya dan mencari dana ke berbagai tempat. Seteleh melakukan kerjasama dengan berbagai kalangan, mereka akhirnya bertemu dengan sebuah perusahaan obat dan sekelompok peneliti untuk kemudian bersama-sama mengembangkan obat penyakit Pompe. Sulit bagi dr. Stonehill untuk bekerja sama dengan orang lain mengingat kebiasaannya untuk bekerja sendiri dan dalam perjalanan menemukan obat untuk penyakit Pompe, beliau dan John Crowley menemui berbagai halangan dan tantangan.

 

Sampai akhirnya obat yang ditunggu-tunggu muncul juga,

Akan tetapi obat tersebut masih belum dapat untuk diujicobakan kepada anak dari John Crowley dan hanya dapat diujicobakan kepada bayi. Kemudian John Crowley pun memaksa untuk memasukkan nama kedua anaknya untuk penelitian clinical trial dan akibat dari hal tersebut, dia terpaksa dipecat dari jabatannya di sebuah perusahaan obat yang mensponsori penelitian tersebut. Akan tetapi, ternyata usaha dari John Crowley hingga dipecat itu tidak sia-sia dan kedua anaknya sembuh dari penyakit Pompe dan hal ini membawa terobosan baru dalam dunia pengetahuan dan dunia ilmu kedokteran.

          Hal yang saya dapat dari film ini adalah bahwa apabila kita mau berusaha dan mencurahkan perhatian kita sepenuhnya serta fokus akan tujuan yang akan kita capai, kita pasti bisa memperoleh hasil yang kita inginkan. Selain itu, kita juga tidak boleh pantang menyerah dalam berusaha mencapai suatu tujuan. Seperti awalnya dr. Stonehill dalam film ini hanya mengatakan bahwa teorinya itu dapat terbukti apabila dijalankan tetapi hingga saat itu masih belum ada dana yang memadai, kemudian karena adanya keyakinan dan keinginan untuk berjuang menyelamatkan anak-anaknya dan penderita penyakit Pompe lainnya, John Crowley berjuang mencari dana untuk penelitian dr. Stonehill hingga akhirnya teori dr. Stonehill terbukti dan beliau membuat terobosan baru terhadap penyembuhan LSD khususnya penyakit Pompe.

Dari film ini, saya juga menjadi lebih mengerti dan rasa empati saya

Terhadap para penderita Pompe meningkat dengan melihat kesulitan dan kesusahan yang para penderita penyakit Pompe alami dimulai dari kesulitan bergerak, susah bernafas, hingga tangan yang lemah dan tidak dapat menggenggam sesuatu dengan sempurna. Saya juga menjadi lebih bersyukur atas tubuh yang tidak memiliki cacat dan kesempatan untuk belajar dan berada dalam jalur menjadi seorang dokter sehingga saya dapat menyelamatkan banyak nyawa manusia dan memberikan lebih banyak manfaat untuk orang banyak.

Baca Juga :