Jenis-Jenis Akuntabilitas

Jenis-Jenis Akuntabilitas

Jenis-Jenis Akuntabilitas

Jenis-Jenis Akuntabilitas

Menurut Bruce Stone, O.P. Dwivedi dan Joseph G. Jabbra, terdapat 8 jenis akuntabilitas yang umumnya berkaitan dengan moral, administratif, politik, manajerial, pasar, aturan dan peradilan, hubungan dengan konstituen serta profesional.

a. Akuntabilitas Politik

Akuntabilitas politik yakni suatu akuntabilitas manajemen publik dari suatu forum administrator pemerintah, forum legislatif DPR serta juga forum yudikatif Kehakiman kepada publik .

b. Akuntabilitas administrasi

Aturan dan norma internal serta beberapa komisi independen merupakan suatu prosedur untuk bisa menampung birokrasi dalam tanggung jawab manajemen pemerintah.

Menurut Mardiasmo, akuntabilitas dibagi menjadi dua jenis yaitu:

a. Akuntabilitas Vertikal

Akuntabilitas vertikal yakni akuntabilitas berupa pertanggungjawaban yang dilakukan kepada atasan.

b. Akuntabilitas Horizontal

Akuntabilitas horizontal yakni akuntabilitas berupa pertanggungjawaban yang dilakukan kepada orang ataupun forum yang setara.

Menurut Mahmudi, akuntabilitas dalam forum publik dibagi menjadi lima bab yakni:

a. Akuntabilitas Hukum dan Kejujuran

Akuntabilitas Hukum dan Kejujuran merupakan pertanggungjawaban yang berafiliasi dengan acara penegakan aturan dan norma kejujuran yang ditunjukkan dengan tidak melaksanakan banyak sekali penyalahgunaan kekuasaan dan wewenang yang dimiliki.

b. Akuntabilitas Manajerial

Akuntabilitas manajerial yakni pertanggungjawaban yang berafiliasi dengan teladan kerja manajerial yang harus dilakukan dengan efektif dan efisien. (http://bkpsdm.pringsewukab.go.id/blog/pancasila-sebagai-dasar-ideologi-negara-dan-fungsinya/)

c. Akuntabilitas Program

Akuntabilitas jadwal yakni pertanggungjawaban yang berkaitan dengan jadwal yang akan dijalankan. Orang yang berwenang dalam jadwal ini harus sanggup memperlihatkan apabila jadwal yang akan dibangun bisa berjalan dengan baik atau tidak dan apa saja upaya yang bisa dilakukan biar jadwal yang akan direncanakan bisa berjalan dengan optimal.

d. Akuntabilitas Kebijakan

Akuntabilitas ini merupakan akuntabilitas yang berafiliasi dengan pertanggungjawaban forum publik terhadap banyak sekali kebijakan dan keputusan yang sudah diputuskan atau diambil. Dalam hal ini, orang yang berperan dalam forum publik harus sanggup mempertanggungjawabkan setiap kebijakan yang sudah ditetapkan baik itu dari tujuan, alasan pengambilan kebijakan, manfaat yang muncul, sampai banyak sekali hal negatif yang mungkin ditimbulkan dari kebijakan yang akan atau telah diambil.

e. Akuntabilitas Finansial

Jenis akuntabilitas ini berkaitan erat dengan pertanggungjawaban forum publik terhadap tiap uang yang disetorkan masyarakat kepada pemerintahan. Lembaga publik harus sanggup mengambarkan bagaimana uang tersebut didapatkan, kemana uang tersebut dibelanjakan dan banyak sekali macam pertanggungjawaban lainnya.