Dimensi Akuntabilitas Menurut Para Ahli

Dimensi Akuntabilitas Menurut Para Ahli

Dimensi Akuntabilitas Menurut Para Ahli

Dimensi Akuntabilitas Menurut Para Ahli

Menurut Syahrudin Rasul (2002:11), dimensi akuntabilitas terbagi menjadi 5 bab yaitu:

Akuntabilitas aturan dan kejujuran (accuntability for probity and legality)

  • Akuntabilitas aturan yakni kepatuhan terhadap aturan dan peraturan lain yang disyaratkan dalam organisasi. Akuntabilitas kejujuran yakni penghindaran penyalahgunaan jabatan, korupsi dan kolusi. Akuntabilitas aturan menjamin ditegakkannya supremasi hukum, sedangkan akuntabilitas kejujuran menjamin adanya praktik organisasi yang sehat.

 

Akuntabilitas Manajerial

Akuntabilitas manajerial atau akuntabilitas kinerja (performance accountability) merupakan pertanggungjawaban untuk melaksanakan pengelolaan organisasi secara efektif dan efisien.

Akuntabilitas Program

Program organisasi hendaknya yakni jadwal yang bermutu dan mendukung taktik dalam pencapaian visi, misi dan tujuan organisasi. Lembaga publik harus mempertanggungjawabkan jadwal yang telah dibentuk sampai pelaksanaan program.

Akuntabilitas Kebijakan

Lembaga publik harus bisa mempertanggungjawabkan kebijakan yang sudah ditetapkan dengan mempertimbangkan dampak yang akan dihadapi dimasa depan. (http://bkpsdm.pringsewukab.go.id/blog/lembaga-agama/)

Akuntabilitas Financial

Akuntabilitas finacial yakni pertanggungjawaban forum publik untuk memakai dana publik (public money) secara ekonomis, efisien dan efektif, tidak ada pemborosan dan kebocoran dana, serta korupsi.