Tips Sikat Gigi Buat Buah Hati

Tips Sikat Gigi Buat Buah Hati

Tips Sikat Gigi Buat Buah Hati

Tips Sikat Gigi Buat Buah Hati

 

Menjaga kesehatan mulut dan gigi

tentu sudah seharusnya dibiasakan sejak dini, khususnya anak-anak yang mulai tumbuh gigi. Salah satu yang perlu dilakukan yaitu memilih sikat gigi yang tepat. Karena, pemilihan jenis sikat bisa berpengaruh pada proses pembersihan di gigi.

Biasanya, orang tua memberikan bentuk sikat gigi yang menarik dan pasta gigi dengan rasa yang disukai anak-anak. Selain memerhatikan tentang hal itu, yang juga perlu Anda ketahui yaitu sikat gigi anak memiliki bentuk dan ukuran yang cukup berbeda dari sikat orang dewasa.

Lalu, sebenarnya sikat gigi seperti apakah yang baik untuk anak-anak?. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memilih sikat gigi anak-anak. Berikut daftarnya:

Ukuran

Sama seperti pada sikat gigi orang dewasa, menentukan ukuran sikat gigi ini penting karena harus disesuaikan dengan ukuran mulut dan gigi mereka. Untungnya terdapat sikat gigi khusus anak yang memang sesuai dengan ukuran mulut dan gigi mereka. Pada beberapa produk sikat biasanya juga disertai keterangan usia pengguna sikat jenis tertentu.

Jenis Sikat

Pemilihan jenis sikat yang tepat juga penting untuk membersihkan gigi anak serta membuat proses tersebut tidak terasa menyakitkan. Disarankan memilih jenis sikat soft atau extra soft agar tidak melukai gigi dan gusi anak.

Biarkan Anak Memilih Sendiri

Membiarkan anak memilih jenis sikat sendiri merupakan hal yang bisa diterapkan terutama ketika anak sudah mulai cukup besar. Anak pasti akan lebih menyukai pilihan sikatnya sendiri dan lebih gembira dalam menggunakannya. Tentu saja dalam proses memilih ini tetap perlu pendampingan dan pengarahan dari orang tua.

Itulah tiga hal yang bisa Anda terapkan ketika memilih jenis sikat gigi yang tepat bagi buah hati Anda. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :