Ilmuan Ahli Biologi Dalam Penemuannya

Ilmuan Ahli Biologi Dalam Penemuannya

Ilmuan Ahli Biologi Dalam Penemuannya

Ilmuan Ahli Biologi Dalam Penemuannya

Louis Pasteur (1822-1895 )

adalah ahli biologi dan kimia dari prancis. Ia menjadi setelah memperkenalkan metode untuk mencegah susu dan anggur menjadi asam. Metode ini kemudian di sebut Pasteurisasi. Ia di anggap sebagai pendiri Ilmu Mikrobiologi. Pasteur meneliti tentang kuman penyebab penyakit serta menemukan penjelasan tentang penyebab penyakit. Ia juga salah satu tokoh yang tidak menyetujui teori generatio spontanea.
Ia adalah orang pertama yang menemukan vaksin rabies dan menjadi tokoh utama dalam bakteorologi, selain itu dia juga membuat berbagai penemuan2 kimia.

Robert Koch (1843-1910 )

adalah seorang ilmuan dari jerman yang merupakan pendir ilmu bakteorologi kedokteran modern. Ia berhasil mengisolasi beberapa bakteri penyebab penyakit, termasuk TBC, serta menemukan hewan2 pembawa penyakit berbahaya,…
Ia menjadi terkenal setelah menemukan bakteri antraks ( Bacillus anthracis ) pada tahun 1870-an. Ia
memperoleh penghargaan Nobel dalam bidang Fisiologi / kedokteran untukpenemuan bakteri TBC pada tahun 1905.

Edwart jenner (1749-1823 )

adalah seorang dokter yang menemukan vaksin unutk menyembuhkan cacar. Ia adalah tokoh yang meletakkkan dasar bagi Imunologi ( Ilmu tentang kekebalan tubuh )
Cacar merupakan penyebab kematian terbesar abad ke -18. Jenner mengamati bahwa antara pasiennya, yang selumnya terkena cacar ringan dari ternak,memiliki kekebalan yang lebih baik. Pada tahun 1796 ia memaparkan virus cacar ringan pada seorang anak, dan akhinya anak itu tidak terkena virus cacar kembali. Ia adalah penemu Vaksinasi dan ia pula yang memperkenalkan nama virus.

Heinrich Anton de Bary ( 1831-1888 )

adalah ahli bedah sekaligus ahli botani, mikrobiologi, mikolgi berbangsaan jerman. Ia terutama mempelajari sistematika dan fisiologi jamur.
de Bary melakukan penelitian siklus hidup jamur dan dianggap sebagai bapak mikologi Modern. Ia membuktikan bahwa jamur patogenik (penyebab penyakit) buka di hasilkan dari sel / sekresi tumbuhan yang terserang. Ia juga melakukan serangkaian pengamatan bermacam-macam jamur penyebab penyakit pada tumbuhan.
Selain itu, de Bary juga mempelajari pembentukan lumut kerak yang merupakan gabungan dari jamur dan alga. Ia juga yang mencetuskan pertama kalinya kata ‘simbiosis’ .

Carolus linnaeus ( 1707 -1778 )

adalah seorang naturalis yang menyusun “binomial nomenklatur”, yaitu suatu sistem untuk mengklasifikasi tumbuhan dan hewan.
Linnaeus membuktikan adanya reproduksi seksual pada tumbuhan, serta memberi nama modern bagi tumbuhan ( kebanyakan tumbuhan bunga ). ia juga memberikan kontribusi yang sangat besar dalam taksonomi hewan. Mencakup pengamatan morfologi dan anatomi hewan untuk membuat sistem klasifikasi yang paling di terima masyarakat luas.

Sumber : https://www.dosenmatematika.co.id/