Faktor-faktor yang Memengaruhi Permintaan dan Penawaran Uang

masih ingatkan dengan materi ekonomi kelas X semester 1 lalu? Kita pernah mengupas mengenai Definisi dan Faktor yang Memengaruhi Permintaan dan Penawaran, namun permintaan dan penawaran ini pada barang atau jasa sebagai alat pemuas keperluan ya. Nah, sekarang kami mempelajari permintaan dan penawaran pada uang. Sebelumnya, anda tentu telah memahami dong apa itu uang? Yap! Secara sederhana, uang adalah sesuatu yang dapat di terima oleh penduduk sebagai alat pembayaran dan alat tukar yang sah. Eits, ternyata uang termasuk punyai fungsi lain, untuk mengundi giliran contohnya. Hayo anda tentu pernah melakukannya ‘kan?

Tahukah kamu, jikalau kuantitas uang dalam penduduk tetap tidak tetap. Kadang-kadang naik dan kadang waktu turun. Mengapa hal berikut dapat terjadi? Penasaran? Ayo cari memahami jawabannya. Kita bahas satu-satu ya!

Pertama, kami bahas mengenai pemintaan uang. Apa itu permintaan uang? Permintaan uang adalah kuantitas uang yang di inginkan penduduk dalam suatu perekonomian. Nah, terkandung sebagian aspek yang pengaruhi permintaan uang, di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Pendapatan Riil

Pendapatan Riil adalah pendapatan yang dihitung dengan harga konstan (mendasarkan pada harga th. khusus yang dijadikan th. dasar). Semakin tinggi pendapatan, permintaan bakal uang bakal tambah besar. Ini sebab konsumsi dan tabungan bakal bertambah sejalan dengan meningkatnya pendapatan.

2. Tingkat Suku Bunga

Semakin tinggi suku bunga permintaan bakal uang untuk motif spekulasi bakal berkurang. Squad hal ini sebab tingginya suku bunga bakal membawa dampak cost utang uang untuk berspekulasi tambah bertambah mahal. Nah, kala tingkat suku bunga tinggi, orang bakal lebih baik pilih untuk menabung di bank daripada untuk berspekulasi.

3. Tingkat Harga Umum

Semakin tinggi tingkat harga umum, permintaan bakal uang bakal tambah bertambah. Kenapa begitu? Karena harga barang dan jasa bertambah mahal, dan untuk membelinya diperlukan uang yang lebih banyak pula dan membawa dampak permintaan bakal uang termasuk tambah bertambah, Squad.

4. Fasilitas Kredit

gurukelas.co.id Semakin canggih fasilitas kredit bakal memudahkan penduduk meminjam uang kepada bank sehingga tambah banyak kuantitas uang tunai yang di inginkan masyarakat, begitu pula kebalikannya. Semakin sulitnya fasilitas kredit maka kuantitas uang yang di inginkan penduduk bakal berkurang. Yap! Siapa sih yang sudi ribet. Kalo ringan tentu jadi rame.